Alasan Anies Tidak Beri Sanksi Penyelenggara Deklarasi #2019gantipresiden

Karena deklarasi diadakan di luar daerah CFD

Jakarta, IDN Times – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meminta masyarakat saling menghormati hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD) yang diadakan setiap hari Minggu di sepanjang jalan Thamrin-Sudirman Jakarta. Anies menegaskan tak boleh ada kegiatan politik di area CFD.  

“Saya berharap semua masyarakat hormati zona ini, sehingga di zona HBKB ini kita merasakan yang mau berolahraga, berolahraga. Yang mau berinteraksi, berinteraksi. Ada satu wilayah di mana di sana terbebas dari semua kegiatan politik,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Senin (7/5).

Untuk diketahui, aturan CFD ini ada pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 12 tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Sementara untuk area CFD, berdasarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) 545 tahun 2016 adalah patung Pemuda Membangun sampai dengan Bundaran Patung Kuda/Patung Arjuna.

1. Deklarasi #2019gantipresiden tidak masuk area CFD

Alasan Anies Tidak Beri Sanksi Penyelenggara Deklarasi #2019gantipresiden IDN Times/Kevin Handoko

Anies mengatakan tidak akan ada sanksi untuk kegiatan deklarasi #2019gantipresiden. Ia menyebut adanya batasan untuk area CFD.

“Gak, gak. Yang penting (area) CFD-nya. Daerah yang disebut sebagai HBKB, itu tempat yang harus steril. Kalau di luar itu, atau di luar aturan, larangan, jadi karena itu jangan dilakukan di wilayah HBKB. Itu aja,” kata Anies.

Baca juga: Deklarasi #2019GantiPresiden Dilarang di CFD, Politikus Gerindra Ini Sebut Seperti di Korut

2. Anies: Penyelenggara sudah berkoordinasi 

Alasan Anies Tidak Beri Sanksi Penyelenggara Deklarasi #2019gantipresiden IDN Times/Helmi Shemi

Ketika ditanya adanya perubahan tempat dari aksi deklarasi #2019gantipresiden yang sebelumnya akan berlangsung di Taman Aspirasi namun kemudian dipindah ke Patung Kuda, Anies mengatakan pihak deklarasi #2019gantipresiden sudah berkoordinasi dengan pihak lain. Namun Anies tidak menyebut siapa pihak yang dimaksud.

“Katanya mereka sudah koordinasi dengan pihak lain. Kalau dari kita yang penting adalah tidak berada di wilayah (CFD). Kelihatannya udah koordinasi, tanyanya ke sana,” kata Anies.

3. Terjadi perubahan tempat deklarasi

Alasan Anies Tidak Beri Sanksi Penyelenggara Deklarasi #2019gantipresiden IDN Times/Helmi Shemi

Untuk diketahui, sejak Jumat (4/5), tersebar poster acara deklarasi #2019gantipresiden. Deklarasi itu itu akan digelar di seputar Patung Kuda. Namun pada Sabtu (5/5) Relawan #2019gantipresiden Mustofa Nahrawadaya mengklarifikasi tempat acara itu. Dalam acara diskusi di Cikini, Jakarta Pusat, Mustofa mengatakan acara dipusatkan di Taman Aspirasi Monas. Namun pada Minggu, acara deklarasi berlangsung di Patung Kuda.

Baca juga: Memakai Kaos #2019GantiPresiden, Pengunjung CFD Diminta Ganti Pakaian

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya