Agar Danau Sunter Tetap Bersih, Ini Permintaan Sandiaga Uno

Gak bisa mengandalkan Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah pusat

Jakarta, IDN Times – Danau Sunter kini terlihat lebih bersih dan rapih setelah Festival Danau Sunter digelar pada pada Minggu (25/2). Dalam festival tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sempat terlibat dalam romba renang.

Usai renang, keduanya sepakat untuk menjaga Danau Sunter, salah satu caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan di sekitar danau tersebut. Susi dan Sandi juga sepakat untuk 'menenggelamkan' orang yang membuang sampah sembarangan di sekitar Danau Sunter.

Meski begitu, Sandiaga mengatakan menjaga Danau Sunter bukanlah pekerjaan mudah. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat saja tak cukup untuk merawat danau ini. Perlu peran serta masyarakat juga. 

1. Tidak akan efektif jika hanya pemerintah

Agar Danau Sunter Tetap Bersih, Ini Permintaan Sandiaga UnoIDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga mengatakan sulit menjaga Danau Sunter jika hanya dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat. Ia meminta peran serta masyarakat agar turut menjaga Danau Sunter.

“Kalau saya lihat, penjagaan, mau bagaimanapun juga, tidak akan bisa efektif. Harus masyarakat yang sama-sama menjaga,” kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta.

Baca juga: Duel Renang Sandiaga Vs Susi Pudjiastuti: Begini Awal-Mulanya

2. Tetap harus ditenggelamkan
 

Agar Danau Sunter Tetap Bersih, Ini Permintaan Sandiaga UnoIDN Times/Helmi Shemi

Sandiaga kembali mengulang perkataannya kemarin. Ia menekankan, siapapun yang membuat kotor Danau Sunter harus ditenggelamkan.

“Kita dengar kemarin (di Danau Sunter). Kalau ada yang buang sampah lagi di Danau Sunter, atau mengotori danau Sunter, harus ditenggelamkan!” pungkas Sandiaga.

3. Ingat pesan Menteri Susi  

Agar Danau Sunter Tetap Bersih, Ini Permintaan Sandiaga UnoPuspa Perwita Sari/ANTARA FOTO

Sebelumnya Menteri Susi juga mewanti-wanti agar pengunjung Danau Sunter tidak dipungut biaya. "Yang memungut biaya ditenggelamkan. Buang sampah tenggelamkan. Pokoknya cuma satu aturannya: tidak benar, tenggelamkan!"  

Baca juga: Menang Lomba Renang, Begini Aksi Lucu Menteri Susi di Festival Danau Sunter

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya