Ada Sawah di Jakarta, Anies Baswedan Gelar Panen Raya

Baru tahu ya kalau di Jakarta masih ada sawah?

Jakarta, IDN Times - Tahu gak sih kalau di Jakarta itu ternyata masih ada sawah? Percaya atau tidak, ternyata sawah itu ada, lho. Lokasinya ada di dekat Jalan Inspeksi Cakung, Jakarta Timur. 

Sawah tersebut milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Nah berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang sawah tersebut:

1. Hari ini panen raya 

Ada Sawah di Jakarta, Anies Baswedan Gelar Panen RayaFoto Humas DKI

Nah, pagi ini Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengikuti acara panen raya di sawah tersebut yang seluas sekitar 3 hektare. 

"Alhamdulillah ditanam bulan Oktober-November dan sudah panen kira-kira 5 ton per hektarnya," kata Anies, Selasa (23/1).

Baca juga: Greget, Petani Ini Bajak Sawah Pakai Pajero

2. Pastikan stok beras di Jakarta aman 

Ada Sawah di Jakarta, Anies Baswedan Gelar Panen RayaFoto Humas DKI

Direktur Utama Food Station Arief Prasetyo Adi memastikan stok beras di Jakarta berada di atas batas aman dengan total 27.500 ton. Beras itu akan diprioritaskan untuk warga kurang mampu. 

"Saat ini stok Pasar Induk Beras Cipinang 27.500 ton artinya di atas batas aman 25000 ton. Sudah diperintahkan kita amankan (beras) untuk teman-teman yang kurang beruntung ada program pangan murah di KJP, bantuan pangan nontunai, semua sudah kita siapkan untuk beberapa bulan ke depan," jelas Arief. 

Selain itu Arief menambahkan akan ada tambahan 3.750 ton beras yang dikirim dari Sulawesi Tengah. 

3. Padi yang ditanam adalah jenis unggul 

Ada Sawah di Jakarta, Anies Baswedan Gelar Panen RayaFoto Humas DKI

Penanggung jawab sawah tersebut, Sunaryo, menyampaikan jenis padi yang dipanen oleh Anies adalah padi unggulan yang bernama Inpari 22 dan Mekongga, yang memiliki ketahanan terhadap hama dan menghasilkan bulir padi yang banyak. 

"Cocok untuk disebar ke kelompok tani Jakarta sebagai benih. Hasil dari yang dipanen di sini akan dibuat padi putih, artinya akan digunakan sebagai benih dan disebar ke seluruh kelompok tani di Jakarta untuk terus melestarikan pertanian Jakarta," jelas Sunaryo.

Baca juga: Sawah-sawah di Jepang Ini "Disulap" bak Lukisan, Asli Keren Banget!

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya