Sandi Was-was Insiden Kapal Terbakar Berdampak Terhadap Pariwisata Kepulauan Seribu

Sandiaga juga kesal karena nama Kepulaun Seribu dapat tercoreng

Jakarta, IDN Times – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjenguk korban kapal Dinas Perhubungan (Dishub) DKI yang meledak pada Minggu (22/4) pagi. Sandiaga datang ke Rumah Sakit Koja, Jakarta Utara pada Minggu malam.

1. Korban masih ada yang trauma

Sandi Was-was Insiden Kapal Terbakar Berdampak Terhadap Pariwisata Kepulauan SeribuIDN Times/Sukma Shakti

Sandiaga mengatakan dari 5 dari 9 korban masih dirawat dan dalam kondisi stabil. Ia memperkirakan paling lambat  7 hari ke depan korban sudah dapat pulang. Meski demikian ia menyebut masih ada trauma pada korban.

“Ada yang trauma dadanya, trauma kepalanya sampai dengan luka bakar,” kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Senin (23/4).

Baca juga: Kapal Dishub Meledak di Kepulauan Seribu, Sandiaga Ucapkan Dukacita

Korban yang trauma dada disebutnya karena tertimpa saat peristiwa terjadi. Selain itu ada pula korban yang patah tulang.

2. Evaluasi dan audit seluruh transportasi

Sandi Was-was Insiden Kapal Terbakar Berdampak Terhadap Pariwisata Kepulauan SeribuIDN Times/Helmi Shemi

Peristiwa ini menjadi catatan bagi Pemerintah provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Sandiaga menekankan perlu adanya evaluasi dan audit bagi seluruh transportasi baik di laut maupun di darat.

“Kami betul-betul membuat catatan dan pelajaran bagi Dishub dan seluruh jajaran yang mengoperasikan alat angkut laut maupun juga yang didarat untuk betul mengaudit unit-unit yang digunakan untuk transportasi,” ujarnya.

3. Kerja sama Dishub dengan polisi untuk investigasi

Sandi Was-was Insiden Kapal Terbakar Berdampak Terhadap Pariwisata Kepulauan SeribuIlustrasi kapal/istimewa

Politikus Gerindra ini memerintahkan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Andi Yansyah untuk bekerja sama dengan kepolisian dalam investigasi meledaknya kapal tersebut. Sandiaga menambahkan, tidak akan ada keterangan yang diberikan sampai hasil investigasi selesai.

“Meledak kecelakaan dan masih diinvestigasi. Kita sudah sampaikan tidak ada pernyataan teknis sebelum hasil investigasi selesai,” ucapnya.

4. Jangan sampai nama Kepulauan Seribu tercoreng

Sandi Was-was Insiden Kapal Terbakar Berdampak Terhadap Pariwisata Kepulauan Seribuatravellersjourney.com

Sandiaga was-was dengan peristiwa ini berdampak pada nama baik Kepulauan Seribu. Terlebih dalam beberapa bulan terakhir, ia menargetkan adanya investasi besar di Kepulauan Seribu sebagai destinasi wisata.

“Itu yang kami sayangkan, kita punya pemantauan yang sangat hati-hati pada kapal-kapal yang kami pakai, khususnya Kepulauan Seribu yang akan kita bangun jadi kawasan pembangunan berbasis pariwisata dan sustainability. Kita ingin momentum yang ada di Kepulauan Seribu tidak tercoreng karena kelalaian. Kita pastikan kelaikan atau tidaknya transportasi laut,” pungkas Sandiaga.

Baca juga: Makin Jadi Dambaan Turis Asing, Kepulauan Seribu Berbenah

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya