Viral Bocah Disiram Oli Karena Dituduh Mencuri, Begini Kronologisnya

Si bocah ternyata yatim piatu

Jakarta, IDN Times - Seorang bocah di Sleman, Yogyakarta, viral di Facebook, lantaran ketahuan mencuri. Yang menyedihkan, si pelaku mendapat hukuman yang tidak manusiawi hingga mendapat kecaman warganet.

1. Disiram oli

Viral Bocah Disiram Oli Karena Dituduh Mencuri, Begini KronologisnyaIDN Times/Sukma Shakti

Dalam unggahan dari akun Facebook bernama Syaifulhadi Dirdjo Alihatmojo diceritakan, seorang anak kecil mendapatkan hukuman akibat ketahuan mencuri onderdil dari sebuah bengkel.

Dalam foto tangkapan layar kamera pengintai yang diunggahnya, terlihat anak menggunakan baju biru menyiram oli bekas ke kepalanya sambil tersenyum. Oli bekas berwarna hitam pekat itu pun melumuri kepalanya.

Baca juga: Dipersekusi Massa #2019GantiPresiden, Pihak #DiaSibukKerja Lapor Polisi

2. Bocah itu ternyata yatim piatu

Viral Bocah Disiram Oli Karena Dituduh Mencuri, Begini KronologisnyaIDN Times/Sukma Shakti

Dalam unggahannya, Syaifulhadi menyayangkan aksi tersebut. Apalagi pelaku adalah anak-anak masih di bawah umur.

"Heran sekali, di Sleman Yogyakarta kok masih ada warga yang mental arogannya berlebihan. Kegoblogan saja tidak cukup untuk seseorang bisa melakukan hal seperti itu. Dibutuhkan arogansi dan sok kuasa, bahkan watak yang cenderung dzolim untuk bisa menghukum anak anak dengan hukuman seperti itu," tulis Syaifulhadi.

Tak hanya itu, kata Syaifulhadi, pelaku pencurian itu juga rupanya tidak memiliki orangtua alias yatim piatu.

"Seorang anak kecil, apalagi seorang anak kecil yang yatim piatu yang mencuri, menurut saya harus dirunut dan ditelusuri lebih dalam oleh orang yang mendapatinya, ketika anak yatim piatu seusia itu melakukan pencurian," tulis Syaifulhadi.

3.  Warganet mengecam aksi main hakim ini

Viral Bocah Disiram Oli Karena Dituduh Mencuri, Begini Kronologisnya

Aksi yang dilakukan anak tersebut menuai kecamanan. Sebab, tindakan anak yang diperkirkan masih berusia sembilan tahun itu dinilai mengancam keselamatan jiwanya.

"Kenapa harus main hakim sendiri!!!! Dimana rasa sosialmu... Malu menghukum seorang anak kecil! yatim piatu lagi...Astaghfirullahalazim...." tulis warganet bernama Sera Astuti dalam kolom komentar.

Kecaman juga disampaikan si penggunggah foto yang mengaku sedih atas tindakan bocah tersebut.

"Saya menangis melihatmu pasrah mengguyurkan olie bekas ke kepalamu, tak setahumu kamu terpaksa membahayakan kedua matamu, mungkin olie juga masuk ke telingamu, bahkan sangat mungkin terjilat dan terminum olehmu. Kamu nampak sangat tidak berdaya melakukan penolakan dan nalar ke anak-anakanmu belum cukup untuk melakukan alasan perlawanan dan pembelaan diri," tulis Syaifulhadi, lagi.

Baca juga: Ibu Pemakai Kaus #DiaSibukKerja Dipersekusi, PSI Lapor ke Polisi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya