#Rookie46: Cara Baru BNI Menjaring Millennials

Tes bahasa inggris, seleksi IPK, psikotest dalam merekrut pegawai mulai ditinggalkan

Jakarta, IDN Times - Semakin banyaknya millennials yang memasuki dunia kerja, membuat Bank Negara Indonesia (BNI) mengubah cara mereka dalam merekrut calon-calon manager baru. Salah satunya dengan membuat tantangan bertajuk #Rookie46.

1. BNI sudah didominasi millennials

#Rookie46: Cara Baru BNI Menjaring Millennials  wisma46.com

Dominasi millennials di dalam perusahaan juga melanda BNI. Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, 62 persen dari 27.599 karyawan BNI di seluruh Indonesia merupakan millennials.

“Berdasarkan data terakhir yang saya punya, saat ini lebih sekitar 62 persen karyawan BNI dari total 27.599 karyawan di seluruh Indonesia adalah millennials,” jelas Alex Denni selaku Senior Executive Vice President of Human Capital BNI ketika ditemui di Jakarta, Senin (7/5).

Baca juga: Keren, Stasiun BNI City Sudirman Berfasilitas Seperti Bandara

2. Millennials dinilai bekerja lebih cepat

#Rookie46: Cara Baru BNI Menjaring Millennials  Unsplash/Marvin Meyer

Alex Denni menambahkan cara kerja kaum millennials yang cenderung fleksibel dan cepat memberikan inovasi yang baru di dalam internal perusahaan BNI. Menurutnya, hal tersebut memberikan dampak positif bagi BNI.

“Millennials di BNI lebih fleksibel, gak perlu nunggu surat keputusan (SK) baru kerja. Selama tujuannya jelas, mereka akan secara sukarela melakukan yang terbaik di setiap tugasnya. Buat kami hadirnya millennials adalah sebuah momentum karena banyak solusi dan inovasi lahir dari pemikiran kaum millennials,” jelasnya.

3. Manfaatkan YouTube, tinggalkan IPK

#Rookie46: Cara Baru BNI Menjaring Millennials  Marketingland.com

Untuk menjawab dominasi millennials, pada tahun lalu BNI melakukan perombakan dalam perekrutan calon-calon manager baru. Menurut Alex Denni, perombakan tersebut dilakukan untuk menyesuaikan dengan mayoritas pelamar yang merupakan kaum millennials.

Salah satu perombakan dalam perekrutan yang dilakukan BNI adalah dengan cara memberikan tantangan bagi pelamar untuk membuat video presentasi berdurasi kurang dari tiga menit yang nantinya diunggah ke Youtube.

“Sekarang kami punya pilot project untuk merekrut millennials dengan cara millennials. Kami datang ke kampus-kampus dan menarik mereka dengan membuat crowd di kampus, kemudian kami targetkan orang-orang yang punya leadership dan prestasi. Lalu, kami tantang mereka untuk buat video presentasi. Kalau lolos seleksi ini akan langsung jadi manager,” jelasnya.

Tahun lalu, dari ribuan peminat hanya ada 300 orang yang berani mengunggah videonya ke YouTube. Padahal, untuk menjadi seorang manager di BNI butuh waktu sekitar 10 tahun. Namun, melalui tantangan ini sudah bisa jadi manager kurang dari 2 tahun.

Alex Denni menambahkan jika dengan adanya tantangan bertajuk #Rookie46 ini otomatis menggugurkan rekruitmen cara lama seperti tes bahasa inggris, seleksi IPK, psikotest dan lain sebagainya.

Baca juga: Sudah Tahu Kalau Kode BNI Syariah Berubah? Begini Infonya!

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya