PDIP: Pilkada Bukan Ajang Cari Cawapres Jokowi

Jadi yang bakal dampingi Pak Jokowi siapa ya?

Surabaya, IDN Times - Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto buka suara soal calon pendamping Joko Widodo dalam pemilihan presiden tahun depan. Menurutnya hingga saat ini partai berlambang banteng moncong putih tersebut masih menggodok berbagai masukan.

1. Pilkada Jatim bukan eksperimen

PDIP: Pilkada Bukan Ajang Cari Cawapres JokowiIDN Times/Fitria Madia

Pada pilkada Jatim, PDIP bersama PKB mengusung pasangan calon Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno. Namun, Hasto membantah bahwa kesempatan ini merupakan eksperimen untuk menentukan calon wakil presiden yang akan bersanding dengan Jokowi kelak. Ia menambahkan bahwa pilkada Jatim merupakan keyakinan politik atas dasar kesejarahan NU dan PDIP.

Hasto menjelaskan bahwa dukungan PDIP terhadap Gus Ipul juga merupakan permintaan dari tokoh-tokoh ulama NU. Ia menjelaskan bahwa para kiai mengirimkan surat kepada Megawati melalui Ahmad Basarah yang kala itu sedang sowan. "Surat-suratnya sampai sekarang masih ada," kata dia ditemui seusai kegiatan rakor internal monitoring dan evaluasi Pilgub Jatim 2018 pada Jumat (25/5) di kantor DPD PDIP Jawa Timur.

2. Megawati yang berhak memberi memutuskan nama cawapres

PDIP: Pilkada Bukan Ajang Cari Cawapres JokowiDok. IDN Times/ Istimewa

Hasto menjelaskan bahwa yang berwenang untuk memutuskan nama calon wakil presiden kepada Jokowi adalah Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri. Ia menambahkan bahwa Megawati juga akan terus melakukan kontemplasi demi kepentingan bangsa dan negara.

3. Nama cawapres Jokowi masih belum jelas

PDIP: Pilkada Bukan Ajang Cari Cawapres JokowiDok. IDN Times/ Istimewa

Ketika ditanya nama yang sekiranya akan mendampingi Jokowi tahun depan, Hasto masih belum menyebutkan nama siapa pun. Begitu pula apakah calon wakil presiden akan berasal dari PKB, Hasto belum mengiyakan. Ia hanya mengatakan bahwa akan tetap berada pada tradisi NU yang menunggu signal baik dari atas maupun dari bawah. "Nanti akan tiba saatnya untuk diumumkan," pungkasnya.

Baca Juga: Jokowi: Saya dan Pak Airlangga Sudah Lama Mesra

Topik:

Berita Terkini Lainnya