Tiba di Rumah, Jenazah Bayu Disemayamkan di Studio Foto Miliknya

Studio tersebut merupakan tempat favorit Bayu

Surabaya, IDN Times -  Setelah 9 hari menunggu, jenazah Aloysius Bayu Rendra Wardhana, akhirnya diserahkan pada keluarga. Korban ledakan bom di Gereja Santa Maria Tak Bercela pada Minggu (13/5) tersebut tiba di rumah duka pada Selasa (22/5) di Jalan Kertajaya 1 pukul 11.00 WIB. Kedatangan jenazah Bayu disambut isak tangis dari para kerabat yang telah menunggu sejak pagi.

1. Disemayamkan di studio foto

Tiba di Rumah, Jenazah Bayu Disemayamkan di Studio Foto MiliknyaIDN Times/Fitria Madia

Setibanya jenazah di rumah duka, peti mati yang telah berisikan jasad Bayu langsung diangkut ke studio foto miliknya yang terletak tepat di samping rumah orang tuanya.

"Beliau semasa hidup sering menghabiskan waktu di dalam studio," ujar adik Bayu, Galih Wardhana (33). Galih juga menambahkan bahwa sebenarnya studio foto ini belum sepenuhnya selesai. Meskipun sudah melakukan soft opening pada September tahun lalu, tetapi studio ini belum dibuka sepenuhnya.

"Kakak saya adalah bagian dari studio ini", pungkasnya. 

Ayah Bayu, Stefanus Hendro Siswanto (64) juga mengamini pendapat Galih. Siswanto lah yang memutuskan studio foto tersebut menjadi tempat persemayaman terakhir Bayu.

"Makanya saya semayamkan di dalam, supaya dia tenang", jelasnya.

2. Keluarga memaklumi proses identifikasi yang lama

Tiba di Rumah, Jenazah Bayu Disemayamkan di Studio Foto MiliknyaIDN Times/Fitria Madia

Proses identifikasi jenazah Bayu memakan waktu yang cukup lama yaitu 9 hari. Meskipun begitu, pihak keluarga mengaku memaklumi proses yang lama tersebut. "Memang kami menginginkan tim DVI yang menangani Kak Bayu bekerja dengan sangat teliti," ujar Galih.

Galih menambahkan, pihak keluargalah yang meminta agar jenazah Bayu tidak tercampur dengan bagian tubuh orang lain apalagi pelaku. "Jadi ketika diserahkan ke kami itu benar-benar Kak Bayu. Tanpa ada orang lain di situ," tambahnya.

3. Jenazah diserahkan langsung oleh Kapolda

Tiba di Rumah, Jenazah Bayu Disemayamkan di Studio Foto MiliknyaIDN Times/Fitria Madia

Setelah melalui proses yang cukup panjang di RS Bhayangkara, akhirnya jenazah Bayu diserahkan ke pihak keluarga sekitar pukul 10.30 WIB. Prosesi penyerahan ini dilakukan langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin, Kabid Dokkes Kombes Pol Budi Heryadi, Kepala Rumah Sakit dr. Prima Heru dan Kabid Humas Kombed Pol Frans Barung Mangera.

Penyerahan yang berlangsung cukup singkat ini diwarnai oleh isak tangis para kerabat. Bahkan, Yossiana Martono (52), kakak sepupu Bayu hingga pingsan dan harus dibopong.

 

Baca juga: Penuh Tangis, Jenazah Bayu Akhirnya Diserahkan pada Keluarga

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya