Penuh Sesak, Ratusan Orang Ikuti Misa Arwah Bayu

Hampir 1500 orang mendoakan kepergian Bayu

Surabaya, IDN Times - Tepat 10 hari pasca tragedi ledakan bom di Surabaya yang terjadi pada Minggu (13/5), jenazah Aloysius Bayu Rendra Wardhana akhirnya dimakamkan. Sebelum dimakamkan, jenazah Bayu menjalani misa arwah di gereja Santa Maria Tak Bercela, Rabu (23/5).

Bayu sendiri merupakan salah satu korban meninggal dunia akibat ledakan bom yang terjadi di Gereja Santa Maria Tak Bercela. Kala itu, Bayu sedang bertugas sebagai koordinator relawan keamanan dan berhasil menghadang pelaku bom untuk memasuki gereja.

1. Gereja penuh saat misa arwah Bayu

Penuh Sesak, Ratusan Orang Ikuti Misa Arwah BayuIDN Times/Fitria Madia

Pada misa arwah, terlihat banyak sekali tamu yang datang untuk mendoakan Bayu. Bahkan, tidak ada lagi tempat duduk tersisa di lantai 1. Lantai 2 gereja pun hanya menyisakan sedikit ruang. Menurut keterangan salah satu petugas gereja, Gereja Santa Maria Tak Bercela berkapasitas 1500 orang. 

Kedatangan ribuan tamu ini juga berdampak pada lahan parkir di sekitar gereja. Mobil tamu berjejer di kiri dan kanan Jalan Ngagel Madya hingga sekitar 1 km dari gereja.

2. Keluarga sudah dapat tersenyum

Penuh Sesak, Ratusan Orang Ikuti Misa Arwah BayuIDN Times/Fitria Madia

Terlihat para keluarga dengan pakaian berwarna seragam yaitu putih, menyapa setiap tamu yang datang dengan senyuman. Jenazah sendiri dibawa ke gereja oleh rekannya sesama relawan keamanan. Para relawan tersebut mengenakan seragam berwarna merah mengantarkan peti jenazah Bayu dari ambulans hingga dalam gereja.

Selain pihak keluarga dan gereja, nampak pula penjagaan dari linmas, polisi, dan 112 yang tidak terlalu ketat di depan gereja. 

3. Jenazah diantar 4 bus

Penuh Sesak, Ratusan Orang Ikuti Misa Arwah BayuIDN Times/Fitria Madia

Pelepasan jenazah dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB dari rumah duka Jalan Kertajaya 1. Seusai misa pelepasan, jenazah diantar menggunakan mobil ambulans dan diikuti oleh 4 bus serta beberapa mobil dan motor. Sepanjang perlajanan, rombongan Bayu dikawal oleh patwal, linmas, dan rescue 112. Rencananya, jenazah Bayu akan dimakamkan siang ini di TPU Keputih, Surabaya.

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya