Survei SMRC: Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi dari Kandidat Lain

Pasangan RINDU unggul dengan dukungan 43,7 persen

Jakarta, IDN Times - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil surveinya terkait dengan Pemilihan Gubernur di Jawa Barat. Dari hasil survei SMRC yang dilakukan pada 1-8 Maret 2018, pasangan Ridwal Kamil - Uu Ruzhanul Ulum berada pada urutan pertama hasil survei terkait elektabilitas dibanding 3 pasangan calon yang lainnya.

Survey yang melibatkan 801 responden terpilih dengan metode multistage random sampling ini diklaim SMRC memiliki margin of error plus minus 3,5 persen. Apalagi yang terungkap dari hasil survei tersebut?

1. Ridwan Kamil unggul dalam banyak hal

ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

Hasil survei SMRC menunjukkan pasangan Ridwal Kamil - Uu Ruzhanul Ulum sementara masih unggul dengan dukungan 43,7 persen, disusul Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi 30,7 persen, Sudrajat - Ahmad Syaikhu 4,6 persen, dan TB Hasanuddin - Anton Charliyan 2,8 persen. Menurut Direktur Riset SMRC Deni Irvani pasangan yang akrab disebut RINDU lebih banyak dipilih karena memiliki kualitas personal yang lebih positif dibanding calon lain. 

"Ridwan Kamil unggul dengan citra kepribadian, seperti jujur, perhatian pada rakyat, mampu memimpin, pintar, kreatif, tegas, dan enak dipandang," ujar Deni di kawasan Menteng, Jakara Pusat, Kamis (15/03).

2. Ridwal Kamil dianggap pemimpin zaman now

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Pasangan Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum yang bersaing dengan pasangan Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi dalam elektabilitas memiliki perbedaan pemilih yang sangat signifikan menurut demografinya.

"Ridwan Kamil - Uu unggul di perkotaan, etnis Sunda, Jawa, Cirebon, dan kalangan berpendidikan tinggi. Sedangkan Deddy Mizwar - Dedi Mulyadi unggul di pedesaan, etnis Betawi, dan kelompok berpendidikan rendah," ujar Deni.

3. Masyarakat menilai setiap kinerja calon

ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Hal menarik yang juga terungkap dalam survei SMRC tersebut, masyarakat Jawa Barat mengevaluasi sendiri terhadap kinerja incumbent Deddy Mizwar yang saat ini sedang mencalonkan diri sebagai Gubernur. 

"Warga yang merasa puas dengan kinerja Deddy Mizwar sebagai Wakil Gubernur jumlahnya tidak terlalu besar hanya 6,2 persen. Ini ikut menjelaskan mengapa Deddy Mizwar tidak unggul bila Pilkada diadakan sekarang," kata Deni.

4. Ridwan Kamil memiliki banyak dukungan dari partai politik

ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menjadi pasangan yang paling banyak diusung oleh partai politik yaitu Nasdem, PPP, PKB, dan Hanura. Sementara, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi hanya didukung oleh dua partai yakni Golkar dan Demokrat.

Sementara, Mayor Jenderal TNI (Purn) Sudrajat-Ahmad Syaikhu didukung Partai Gerindra, PKS, dan PAN. Terakhir, pasangan TB Hasanuddin dan Inspektur Jenderal Anton Charliyan hanya didukung oleh PDI Perjuangan saja.

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya