Sopir Taksi Online Berunjuk Rasa, Ribuan Aparat Gabungan Diturunkan

Mudah-mudahan aksi unjuk rasa berjalan tertib, ya!

Jakarta, IDN Times - Ribuan aparat gabungan turut serta dalam pengamanan demo yang dilakukan para sopir taksi online di depan Istana Negara, Jakarta, Senin (29/01).

Aksi demo pengemudi taksi online ini terkait dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No. 108 yang akan diberlakukan mulai 1 Februari 2018 mendatang.

1. Polri, TNI, dan Pemda DKI kawal demo sopir taksi online 

Sopir Taksi Online Berunjuk Rasa, Ribuan Aparat Gabungan DiturunkanIDN Times/Linda Juliawanti

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono mengatakan aparat gabungan tersebut terdiri dari unsur TNI, POLRI, dan juga Pemda DKI Jakarta.

"Jumlah kekuatan personel seluruhnya gabungan dari Polda Metro Jaya, Kodam dan Pemda DKI, Satpol PP DKI dan dinas pemadam kebakaran itu ada 25 kompi. Ribuan yang kami turunkan," kata Argo di Monas, Jakarta Pusat, Senin (29/01).

Baca juga: Aturan Taksi Online Efektif per 1 Februari, Pemprov Siapkan Sanksi Tegas

2. 500 sopir taksi online turun ke jalan

Sopir Taksi Online Berunjuk Rasa, Ribuan Aparat Gabungan DiturunkanIDN Times/Linda Juliawanti

Lebih lanjut Argo mengatakan ada ratusan sopir taksi online yang melakukan aksi demo hari ini. Mereka tergabung dalam aliansi driver online Indonesia atau yang biasa disebut Aliando.

"Tadi perkembangan terakhir baru 150 sopir dari Jabar yang sudah ada di Istiqlal. Informasinya dari pemberitahuan di Polda Metro Jaya estimasinya 500, tapi nanti itu kan situasi situasional ya. nanti kita lihat di lapangan", sambung Argo.

3. Polda Metro jamin demo aman

Sopir Taksi Online Berunjuk Rasa, Ribuan Aparat Gabungan DiturunkanIDN Times/Vanny El Rahman

Argo menjamin bahwa aksi yang dilakukan oleh para sopir taksi online ini akan berjalan lancar dan tertib seperti demo yang sebelumnya pernah digelar para pengemudi taksi online tersebut.

"Pengalaman saya enggak ada kerusuhan, aman-aman saja. Karena mereka kan juga sudah komunikasi dengan kita, sudah tahu lah. Dan ini kan sudah aksi yang kedua kalau ga salah. Minggu lalu juga udah dilaksanakan,"kata Argo.

Baca juga: Sopir Taksi Online Berunjuk Rasa Hari Ini, Apa Saja Tuntutan Mereka?

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya