Sistem Ganjil Genap di Tol Bekasi Mulai Diterapkan, Ini Jadwal Lengkapnya

Masyarakat Bekasi diimbau menggunakan bus umum

Jakarta, IDN Times - Pengaturan sistem ganjil-genap tak hanya berlaku di Jakarta. Bekasi pun hari ini mulai diterapkan sistem ini di Tol Bekasi tujuan Jakarta.

1. Polisi berjaga di gerbang Tol Bekasi-Jakarta

Sistem Ganjil Genap di Tol Bekasi Mulai Diterapkan, Ini Jadwal LengkapnyaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Pengaturan tersebut diberlakukan mulai hari ini, Senin (12/3), di gerbang Tol Bekasi Barat 1 dan 2 serta gerbang Tol Bekasi Timur tujuan Jakarta. Sistem ini mulai diberlakukan pukul 06.00-09.00 WIB.

Personel kepolisian terlihat berjaga di dua gerbang tol tersebut, guna mengatur kendaraan yang akan memasuki gerbang tol.

Baca juga: Sebelum Ganjil Genap, DKI Terapkan Jalur Khusus Motor di Sudirman-Thamrin

2. Sosialisasi sistem ganjil genap di Bekasi tidak berjalan maksimal

Sistem Ganjil Genap di Tol Bekasi Mulai Diterapkan, Ini Jadwal LengkapnyaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Terlihat juga beberapa pengendara mobil berpelat nomor ganjil, terpaksa harus berputar balik di depan gerbang tol dengan arahan dari personel kepolisian.

Beberapa spanduk berisi sosialisasi sistem ganjil genap terlihat sudah dipasang di gerbang Tol Bekasi Barat 1, dan depan Mega City Bekasi.

Anggota Satlantas juga terlihat menggunakan pengeras suara untuk melakukan sosialisasi ganjil genap di kawasan Gerbang Tol Bekasi Barat 1.

3. Masyarakat diimbau menggunakan kendaraan umum

Sistem Ganjil Genap di Tol Bekasi Mulai Diterapkan, Ini Jadwal LengkapnyaIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Bagi pengendara mobil, khususnya masyarakat Bekasi diimbau agar menggunakan kendaraan umum berupa bus yang telah disediakan Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ), yakni bus Transjabodetabek Premium.

Bus ini diberlakukan lajur khusus di Tol Jakarta-Cikampek ruas Bekasi Timur-Jakarta, setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB, dan tidak berlaku pada hari libur nasional.

Selain untuk jalur Transjabodetabek Premium, lajur ini juga diperbolehkan dilewati bus karyawan dan angkutan penumpang bus lainnya. Bus ini hadir sebagai alternatif bagi Anda yang terkendala ganjil genap. Transjabodetabek Premium ini tersedia di Summarecon dan Mega City di Bekasi Barat, serta Grand Dhika Bekasi Timur. 

Tarif bus Transjabodetabek Premium Rp20 ribu. Bagi masyarakat yang ingin memarkir kendaraannya dan melanjutkan menggunakan bus ini, juga disediakan area parkir dengan tarif flat Rp10 ribu per hari di masing-masing lokasi tersebut.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Tol Jakarta-Cikampek Segera Diberlakukan, Naik Bus Ini Aja!

Topik:

Berita Terkini Lainnya