Sampah Kulit Kabel Kembali Ditemukan di Ring 1, Polisi Belum Terima Laporan

Pelaku pencurian diduga pemain lama

Jakarta, IDN Times - Banyaknya sampah kulit kabel yang berserakan di kawasan ring satu atau Jalan Medan Merdeka beberapa hari belakangan ini, menimbulkan spekulasi dugaan adanya pencurian kabel listrik yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Namun, Polda Metro Jaya belum mendapatkan laporan adanya dugaan kasus pencurian kabel di kawasan pusat Ibu Kota tersebut, apalagi penemuan banyaknya sampah kulit kabel di sekitar Medan Merdeka.

1. Polda Metro Jaya belum menerima laporan terkait sampah kulit kabel

Sampah Kulit Kabel Kembali Ditemukan di Ring 1, Polisi Belum Terima LaporanAntara Foto

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan adanya dugaan pencurian kabel di kawasan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. 

"Belum ada laporan baik dari Pemprov maupun pemilik kabel," kata Argo, Kamis (22/3).

2. Polda Metro Jaya siap menindak tegas pelaku pencurian kabel

Sampah Kulit Kabel Kembali Ditemukan di Ring 1, Polisi Belum Terima LaporanRappler

Argo mengatakan seandainya memang ditemukan adanya unsur pidana, maka pihaknya akan menindak tegas sesuai undang-undang yang berlaku.

"Kalau ada yang dirugikan dan memang masuk unsur pidana pasti akan kita tindak," ucap dia. 

Menurut Argo, sejauh ini pihaknya hanya melalukan pemantauan dugaan adanya pencurian kabel.

Baca juga: Sepertiga Seafood Berasal dari Pencurian Ikan

3. Pemprov DKI menduga pelaku pencurian pemain lama

Sampah Kulit Kabel Kembali Ditemukan di Ring 1, Polisi Belum Terima Laporanmetrotvnews.com

Di tempat terpisah, Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta menduga ada pencuri yang biasa beraksi di Ibu Kota. Dugaan itu muncul berdasarkan temuan kulit kabel di gorong-gorong kawasan Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

"Ketika kita sedang melakukan penyisiran, pembersihan dari mulai Medan Merdeka Utara, Selatan, Barat, Timur, Kebon Sirih, begitu persis di depan Lemhanas itu kita temukan lagi sampah kulit kabel. Ya, kita temukan ada lagi yang namanya pencurian kabel fiber optiknya," kata Kadis SDA DKI Teguh Hendarwan. 

4. Kejadian pencurian terus berulang

Sampah Kulit Kabel Kembali Ditemukan di Ring 1, Polisi Belum Terima Laporanbrta.in

Teguh menuturkan kejadian ini serupa dengan yang terjadi pada 2016. Pencuri sengaja membuang kulit kabel di gorong-gorong dan hanya mengambil tembaganya. 

"Sama seperti tahun kemarin. Jadi bungkusan kabelnya itu nilainya murah, ya. Nah yang diambil itu adalah tembaga-tembaga yang di dalamnya yang mempunyai nilai yang memang kalau dijual itu dulu pasarannya hampir Rp300 ribu per kilogram. Nah, makanya mereka curi itu (kabel)," kata Argo. 

5. Pemprov DKI menyerahkan semua kasus ini ke kepolisian

Sampah Kulit Kabel Kembali Ditemukan di Ring 1, Polisi Belum Terima Laporanberitasatu.com

Teguh memastikan gorong-gorong di kawasan Jalan Medan Merdeka sudah bersih dari sampah kulit kabel. Terkait urusan penindakan pencurian kabel, Pemprov DKI menyerahkan ke kepolisian.

Kasus pencurian kulit kabel pernah terungkap saat Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI. Ketika itu, Ahok mengatakan pelaku diduga merupakan spesialis pencuri kabel bekas, yang diduga beraksi sejak 2013. Mereka spesial pencuri kabel-kabel bekas PLN.

Baca juga: Polsek Kebon Jeruk Tangkap Sindikat Pencurian Rumah Kosong di Banyak Lokasi 

Topik:

Berita Terkini Lainnya