MUI Kutuk Penyerangan Polisi di Rutan Mako Brimob

Apresiasi tinggi kepada pihak kepolisian

Jakarta, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengutuk keras insiden yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Selasa (8/5). Peristiwa tersebut telah menimbulkan korban jiwa para petugas kepolisian.

MUI menilai tindakan melawan aparat keamanan yang sedang melaksanakan tugas adalah tindakan kejahatan dan kriminal yang tidak bisa ditolerir dan pelakunya harus diberikan ancaman hukuman yang seberat-beratnya.

1. MUI tuntut klarifikasi soal kasus ini

MUI Kutuk Penyerangan Polisi di Rutan Mako BrimobIDN Times/Linda Juliawanti

Wakil Ketua Umum MUI, Zainut Tauhid Sa’adi meminta kepada Kepolisian RI untuk  bertindak cepat dan tegas mengatasi masalah tersebut sehingga pelakunya dapat segera diamankan agar tidak menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak dan dapat memulihkan rasa aman kepada masyarakat.

Baca juga: 6 Fakta Aipda Denny, Korban Mako Brimob yang Mestinya Rayakan Ulang Tahun ke-33 15 Mei

“MUI juga meminta kepada Polri untuk segera memberikan keterangan dan penjelasan terkait dengan peristiwa yang sebenarnya, sehingga dapat menepis berita hoax dari berbagai media sosial yang menjadi viral di masyarakat, yang sumbernya tidak bisa dipertanggung jawabkan,” kata Zainut Tauhid dalam keterangN tertulisnya kepada IDN Times, Kamis (10/5).

2. Masyarakat agar tidak terpancing dengan isu yang beredar

MUI Kutuk Penyerangan Polisi di Rutan Mako BrimobIDN Times/Irfan Fathurohman

Lebih dari itu, MUI juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang, tidak terpancing dan terprovokasi dengan beredarnya berbagai rumor dan berita tersebut serta menyerahkan sepenuhnya penanganan masalah ini kepada aparat keamanan, karena kami yakin Polri dan TNI akan mampu mengatasi dan memulihkan keadaan ini secepatnya.

"Mari kita bersama-sama ikut berdoa dan membantu menjaga situasi dan kondisi agar tetap kondusif sehingga tidak menimbulkan kepanikan dan kecemasan di tengah masyarakat,” kata Zainut Tauhid.

3. MUI sampaikan rasa duka ke keluarga korban

MUI Kutuk Penyerangan Polisi di Rutan Mako BrimobIDN Times/Linda Juliawanti

Lebih lanjut ia mewakili MUI juga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas gugurnya para anggota kepolisian yang sedang melaksanakan tugas, semoga amalnya dicatat sebagai amal kebajikan dan diberikan balasan pahala yang berlipat oleh Allah SWT.

“Kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kesabaran dan kekuatan,” ujarnya.

4. MUI apresiasi pihak kepolisian

MUI Kutuk Penyerangan Polisi di Rutan Mako BrimobIDN Times/Afriani Susanti

Kepada pihak kepolisian yang telah bertidak cepat untuk menangani insiden ini, MUI juga menyampaikan apresiasinya karena berhasil membalikan keadaan dan membuat situasi menjadi jauh lebih tenang dari sebelumnya.

“MUI menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Polri yang telah berhasil mengatasi situasi dan memulihkankan keadaan di Rutan Cabang Salemba di Mako Brimob dengan pendekatan persuasif dan profesional,” terangnya.

Baca juga: 155 Tahanan Teroris di Mako Brimob Menyerah Tanpa Syarat

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya