Kisah Cinta Ahok-Vero: Perjalanan 21 Tahun Berujung Perceraian

Akhir yang menyedihkan, ya

Jakarta, IDN Times - Mahligai rumah tangga Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama dengan Veronica Tan hari ini resmi berakhir. Ironisnya, akhir kisah cinta mereka diputuskan oleh majelis hakim.

Digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Ketua Majelis Hakim Sutaji yang memimpin jalannya sidang mengabulkan permohonan cerai yang diajukan Ahok.

"Menyatakan perkawinan tergugat dan penggugat putus karena perceraian dengan segala akibat hukum," kata Ketua Majelis Hakim Sutaji saat membacakan putusan sidang, Rabu (04/04).

1. Ahok dan Vero menikah pada 1997

Kisah Cinta Ahok-Vero: Perjalanan 21 Tahun Berujung Perceraian
Instagram/@basukibtp

Ahok dan Vero mengikat janji suci pernikahan pada 6 September 1997 di sebuah gereja Kristus Jemaat di kawasan Mangga Besar, Jakarta.

Saat itu Ahok berusia 30 tahun dan Vero 21 tahun. Perbedaan umur yang terpaut jauh tak mengurangi keserasian pasangan ini. 

Baca juga: Ini 5 Alasan Ahok Ceraikan Veronica Tan Versi Keluarga Basuki

2. Ahok Bertemu Veronica di gereja

Kisah Cinta Ahok-Vero: Perjalanan 21 Tahun Berujung PerceraianInstagram/@basukibtp

Kisah Ahok dan Vero bermula dari pertemuan mereka di gereja tersebut. Mereka berdua aktif dalam segala bentuk kegiatan keagamaan. Dari kegiatan-kagiatan ini, keduanya saling curi-curi pandang dan berkenalan pada 1994.

3. Ahok dan Vero dekat, tapi tidak pacaran 

Kisah Cinta Ahok-Vero: Perjalanan 21 Tahun Berujung PerceraianRudy Bastam/IDN Times

Selama 3 tahun Ahok dan Vero menjalin kedekatan, namun mereka berdua tidak berpacaran selayaknya anak muda pada umumnya. Kala itu Ahok mengatakan Veronica begitu istimewa karena sikapnya yang baik dan parasnya yang rupawan.

4. Ahok dan Vero memiliki tiga anak 

Kisah Cinta Ahok-Vero: Perjalanan 21 Tahun Berujung PerceraianInstagram/@veronicabtp

Setelah menikah, Ahok dan Vero dikaruniai 3 anak, yakni Nicholas Purnama, Nathania Purnama, dan Daun Albeenner Purnama. Setelah perceraian, hak asuh terhadap dua dari tiga anak ini jatuh ke tangan Ahok.

5. Hadirnya orang ketiga

Kisah Cinta Ahok-Vero: Perjalanan 21 Tahun Berujung PerceraianThemalaymailonline.com

Semula pernikahan Ahok dan Vero berjalan mulus hingga akhirnya datang orang ketiga. Keberadaan orang ketiga ini dibenarkan oleh Adik kandung Ahok, Fifi Lety Indra.

Menurutnya, Vero telah menjalin hubungan dengan orang ketiga ini sejak tujuh tahun lalu. Ahok bukannya tidak mengetahui hubungan ini. Bersama anaknya, Ahok bahkan pernah melabrak orang ketiga ini. Namun  hubungan Vero dan orang ketiga terus berlanjut. 

6. Mengajukan permohonan cerai

Kisah Cinta Ahok-Vero: Perjalanan 21 Tahun Berujung PerceraianIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Ahok akhirnya sampai pada batas kesabarannya. Pada Januari 2018 ia, melalui kuasa hukumnya, melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Bukti kedekatan Vero dan orang ketiga dipaparkan, termasuk bukti percakapan di WhatsApp.

7. Ahok dan Vero resmi bercerai

Kisah Cinta Ahok-Vero: Perjalanan 21 Tahun Berujung PerceraianIDN Times

Hari ini, Rabu (4/4), Ahok dan Veronica akhirnya bercerai. Keduanya tidak hadir dalam sidang. Ahok sedang berada di dalam tahanan Mako Brimob Kelapa Dua --ia ditahan karena kasus penistaan agama-- sementara Vero dikabarkan tengah berada di London. 

Baca juga: Siapa Julianto Tio? Pria di Balik Kandasnya Pernikahan Ahok-Veronica 

Topik:

Berita Terkini Lainnya