Ini Pesan Megawati Diperingatan Ulang Tahun PDI Perjuangan

Ajak seluruh kader tanamkan ideologi Pancasila

Jakarta, IDN Times - Pancasila Bintang Penuntun Indonesia Raya menjadi tema diperingatan hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ke-45 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (10/1).

Baca juga: Muncul Surat Pendamping Gus Ipul, Sekjen PDI Perjuangan: Media Sosial itu Kreatif

1. Megawati minta kader tanamkan ideologi Pancasila

Ini Pesan Megawati Diperingatan Ulang Tahun PDI Perjuangan ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Melalui momen tersebut, PDI Perjuangan ingin menegaskan posisinya sebagai partai yang berperan dalam menopang pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla bersama partai politik lainnya. 

Megawati Soekarno Putri, Ketua Umum PDI Perjuangan menegaskan kepada kadernya untuk menjadi pemimpin dengan menanamkan ideologi Pancasila dalam dirinya masing-masing. 

"Karena Pancasila itu budaya kita, gotong royong, itulah sebabnya politik harus dengan ideologi. Ideologi kita adalah Pancasila, sehingga tidak tersesat dan menyesatkan rakyat saat dipercaya jadi pemimpin," ujar Megawati.

Selain itu, Megawati juga berpesan kepada kadernya yang menduduki posisi di legislatif hingga eksekutif untuk menjalankan visi misi pembangunan untuk kemajuan Indonesia.

"Saya tegaskan kepada para legislatif dan eksekutif, untuk menjalankan visi dan misi pembangunan demi memajukan Indonesia,"jelasnya.

Baca juga: PDI Perjuangan Terima Surat Pengunduran Diri Azwar Anas dari Pilkada Jawa Timur

2. Kebhinekaan Indonesia ada di PDI Perjuangan 

Ini Pesan Megawati Diperingatan Ulang Tahun PDI Perjuangan ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia Joko 'Jokowi' Widodo yang juga Kader PDI Perjuangan turut hadir dan memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Jokowi menegaskan bahwa PDI Perjuangan adalah partai yang mengedepankan aspirasi rakyat dan memiliki visi dan misi untuk mendukung kesejahteraan rakyat kecil.

"Indonesia beruntung memiliki PDI Perjuangan yang merupakan gambaran Ke-Bhinekaan Indonesia, yang selalu mendukung perjuangan melawan kemiskinan, keterbelakangan dan ketimpangan," kata Jokowi.

Baca juga: Cak Imin Serahkan Pendamping Gus Ipul ke PDI Perjuangan 

3. Jokowi ajak semua kader bekerja keras demi masyarakat

Ini Pesan Megawati Diperingatan Ulang Tahun PDI Perjuangan IDN Times/Fitang Adhitia

Jokowi juga menjelaskan bahwa Gotong Royong adalah gambaran dari Partai berlambangkan Banteng tersebut, sekaligus menegaskan kepada kader yang lain untuk bekerja keras demi rakyat Indonesia."Saya percaya satu kata yg menguatkan PDI Perjuangan kokoh berdiri adalah gotong royong yang membuat kita bersatu. Membuat kita yakin berjuang untuk satu tujuan mulia. Sekali lagi, peran kader PDI Perjuangan sangat dinantikan. Kita gotong toyong untuk membuat ideologi betul-betul bekerja dan dirasakan oleh rakyat," jelasnya.

Baca juga: Ketua DPP: PDI Perjuangan Tak Akan Padam Jika Ditinggalkan Emil 

4. Joget maumere 

Ini Pesan Megawati Diperingatan Ulang Tahun PDI Perjuangan IDN Times/Fitang Adhitia

Diperingatan hari ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ke-45, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) berjoget Maumere bersama kader dan seluruh tamu undangan. Ketua Umum PDI-P Megawati bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla beserta Ketua Partai Politik yang hadir juga turut berjoget bersama dalam luapan kegembiraan.

Baca juga: Ini Komentar Politikus Golkar dan PDI Perjuangan Terkait Setya Novanto

 5. Dihadiri kader hingga tokoh politik 

Ini Pesan Megawati Diperingatan Ulang Tahun PDI Perjuangan

ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Selain kader dan simpatisan, sejumlah pejabat negara hingga tokoh politik terlihat hadir dan datang dalam momen ulang tahun tersebut.

Seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi, Menko PMK Puan Maharani, Wakapolri Komjen Syafruddin, Kepala BIN Jenderal Pol. Budi Gunawan.Selain itu, para Ketua Umum Partai Politik. Di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibyo, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PSI Grace Natalie.

Baca juga: Gerindra Geser PDI Perjuangan di Elektabilitas Partai Versi Orkestra

6. Megawati berikan tumpeng kepada para ketua umum parpol 

Ini Pesan Megawati Diperingatan Ulang Tahun PDI Perjuangan ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Dipuncak acara, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati memberikan potongan tumpeng kepada para ketua umum partai yang menghadiri dalam acara tersebut.

Dimana potongan pertama diberikan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang dilanjutkan ke Wakil Presiden Jusuf Kalla hingga para petinggi partai lainnya. 

Baca juga: Jokowi Jadi Magnet Terkuat dari PDI Perjuangan

Topik:

Berita Terkini Lainnya