3 Fakta Sam Aliano, Pengusaha Muda 'Tajir Mlintir' yang Siap Nyapres di 2019

Sam Aliano siap jadi capres pada Pilpres 2019?

Jakarta, IDN Times - Nama Sam Aliano belakangan menjadi sorotan media dan masyarakat, lantaran pria kelahiran 19 Juli 1974 ini sering melakukan sayembara, dengan hadiah uang yang nilainya fantastis kepada masyarakat, apabila dapat memenuhi keinginannya untuk mengungkap suatu peristiwa.

Setelah membuka sayembara pencarian otak pelaku di balik aksi teror di Tanah Air, Sam Aliano kini menyatakan siap maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Lalu, siapa sebenarnya sosok pria bertubuh tinggi besar keturunan Turki ini?

1. Sam Aliano merupakan pengusaha sukses

3 Fakta Sam Aliano, Pengusaha Muda 'Tajir Mlintir' yang Siap Nyapres di 2019IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sam Aliano sudah tidak asing lagi di kalangan pengusaha muda. Sam, nama panggilan Sam Aliano, merupakan Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia. 

Ia mendirikan holding perusahaan bernama Samco Group pada 1998. Holding perusahaan tersebut bergerak dalam berbagai macam lini bisnis di antaranya manufaktur, ekspor impor, properti, pertanian, perikanan, hingga pertambangan.

Sam memiliki segudang prestasi di dunia bisnis, di antara pernah mendapat penghargaan Eksportir Terbaik yang diberikan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 2012, dan pada 2016 mendapat penghargaan sebagai Pengusaha Terbaik di Kawasan Asia Tenggara.

Baca juga: Abraham Samad Yakin Maju Jadi Capres Pemilu 2019, Ini Alasannya

2. Sering mengadakan sayembara

3 Fakta Sam Aliano, Pengusaha Muda 'Tajir Mlintir' yang Siap Nyapres di 2019IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Sam juga sering mengadakan sayembara berhadiah uang miliaran rupiah kepada masyarakat, yang mampu mengungkap peristiwa yang tengah menjadi sorotan.

Pertama, Sam menggelar sayembara kepada masyarakat yang bisa menemukan perusak karangan bunga bertuliskan #SaveTiangListrik dan #SaveMrBakpao di RSCM Kencana, Jakarta Pusat. Tidak tanggung-tanggung, Sam mengganjar hadiah uang tunai Rp 1 miliar bagi yang bisa menemukan pelaku perusakan tersebut.

Terakhir, Sam mengadakan sayembara pencarian pelaku teror yang terjadi di Surabaya dan Riau yang menewaskan masyarakat sipil dan aparat kepolisian. Ia menghadiahi uang hingga Rp 5 miliar kepada masyarakat yang bisa menemukan. Sam juga sempat menakkan hadiah agar masyarakat semangat  menemukan otak dari pelaku teror tersebut.

3. Membeli lukisan Presiden RI seharga Rp 350 juta

3 Fakta Sam Aliano, Pengusaha Muda 'Tajir Mlintir' yang Siap Nyapres di 2019IDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Keinginan Sam menjadi seorang Presiden sangat nyata. Saking ngebetnya, ia sampai membeli lukisan seharga Rp 350 juta. Tentu lukisan tersebut bukan sekadar lukisan biasa. Lukisan mahal itu bergambar tujuh Presiden RI yaitu Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo, yang bersama-sama dalam lukisan tersebut sedang menunggangi kuda.

Baca juga: Datangi KPK, Sam Aliano Adakan Sayembara Bernilai Rp 1 Miliar

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya