Hati-Hati, Modus Penipuan Kreatif Ini Perlu Kamu Waspadai

Selamat tanpa kehilangan apapun.

Zaman bergerak kian cepat sampai kebutuhan hidup makin menghimpit untuk dipenuhi. Ada juga yang kebutuhannya sudah tercukupi, namun selalu ingin mendapat keuntungan berlebih. Tak jarang orang-orang kemudian menghalalkan berbagai macam cara untuk mendapatkan pemenuhan keinginan tersebut, bahkan sampai menipu orang lain. Karena itu, kamu harus waspada terhadap berbagai bentuk modus penipuan, seperti berikut.

1. Penipuan bermodus kencan di Surabaya.

Hati-Hati, Modus Penipuan Kreatif Ini Perlu Kamu WaspadaiSumber Gambar: smeaker.com

Modus penipuan kencan kini tak hanya dilakukan laki-laki. Tanggal 29 September 2015 lalu juga ada korban penipuan yang dilakukan oleh perempuan. Cerita ini diungkapkan oleh Aparat Polrestabes Surabaya. Sudah ada lima korban yang mana dua diantaranya sudah melapor ke polisi.

Pelaku wanita ini biasanya mengajak kencan pria yang ditemuinya lewat media sosial, lalu membius korban. Mereka lalu membawa lari berbagai barang berharga yang dibawa. Buat kamu lelaki jomblo, jangan senang dulu kalau diajak kenalan wanita cantik. Siapa tahu dia berniat jahat!

2. Modus menjual beras murah dengan memalsukan identitas diri.

Hati-Hati, Modus Penipuan Kreatif Ini Perlu Kamu WaspadaiSumber Gambar: assets.kompas.com

Pemenuhan kebutuhan yang kian hari makin banyak, kadang memaksa orang berpikir kreatif. Sayangnya, pemikiran kreatif itu digunakan untuk modus menipu. Contohnya memalsukan identitas dengan berbagai kartu tanda pengenal untuk mendapatkan sembako murah dalam jumlah banyak.  Contohnya penipuan sembako murah di RW 02 Batu Ampar, Kramatjati, jakarta Timur.

Pelaku punya banyak kartu tanda penduduk dengan nama berbeda-beda. Ia menjual sembako berupa beras sampai lebih dari separuh harga aslinya. Banyak warga sekitar tempat tinggalnya yang dirugikan sudah membayar, tapi tidak dapat barang. Kalau ditaksir total, kerugian warga mencapai ratusan juta rupiah.

3. Modus penipuan lewat SMS di Jawa Barat.

Hati-Hati, Modus Penipuan Kreatif Ini Perlu Kamu WaspadaiSumber Gambar: 2.bp.blogspot.com

Pada tanggal 15 September 2015, lalu Polda Jabar telah mengungkap dan menangkap pelaku penipuan lewat SMS. Pelaku bernama Baharudin yang melakukan penipuan dengan menggunakan nama orang lain. Ia menyasar dosen, mahasiswa, dan dokter di Bandung untuk mengirimkan uang pada rekeningnya. Data nama-nama korban didapat dari internet.

Langkah pertama pelaku adalah mengirim pesan undangan agar korban mau datang ke acara pelatihan. Ketika korban membalas, maka ia akan menyuruhnya untuk mentransfer sejumlah uang. Makanya kalau ada pesan berisi ajakan aneh, jangan digubris ya. Kecuali kalau kamu jones dan mendapat pesan mengajak ke pelaminan, eh.

4. Modus tipu-tipu lewat telpon dengan mengatasnamakan pihak berwenang.

Hati-Hati, Modus Penipuan Kreatif Ini Perlu Kamu WaspadaiSumber Gambar: bamboeroentjing.com

Ada juga yang tega menipu di saat calon korban tertimpa musibah. Contohnya adalah penipuan lewat telpon saat tragedi jamaah haji yang tertimpa crane di Mekkah baru-baru ini. Kepala Hubungan Masyarakat Kanwil Kemenag Jawa Timur Mahsun Zain menjelaskan ini. Banyak orang yang menjadi korban karena ditelpon oknum tak bertanggungjawab.

Oknum tersebut mengatasnamakan polisi atau atau petugas lalu meminta transferan uang. Alasannya, uang itu akan dipakai sebagai biaya berobat keluarganya yang sedang menunaikan ibadah haji dan tertimpa crane. Duh, jahat banget ya. Cari kesempatan dalam kesempitan, duh.

5. Modus tipu-tipu menang undian palsu.

Hati-Hati, Modus Penipuan Kreatif Ini Perlu Kamu WaspadaiSumber Gambar: cdnimage.terbitsport.com

Modus satu ini biasanya memanfaatkan momen tertentu. Misalnya menjelang peringatan kemerdekaan Indonesia dimana beberapa nama instansi dimanfaatkan pihak-pihak tidak bertanggungjawab. Masyarakat biasanya suka pada hal-hal yang sifatnya untung mendadak.

Semisal menang lotre dan sebagainya. Ingat bung, tidak ada makan siang gratis di dunia. Kalau ingin dapat untung, kita harus biasakan untuk bekerja keras.

6. Penipuan ATM.

Hati-Hati, Modus Penipuan Kreatif Ini Perlu Kamu WaspadaiSumber Gambar: assets-a2.kompasiana.com

Ada penipuan yang dilakukan dengan ATM, biasanya memanfaatkan uang palsu. Semisal ada orang mendadak minta tolong untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening dia. Lalu dia memberikan uang dengan nominal yang sama sebagai ganti. Telitilah uang tersebut, karena bisa saja uang itu palsu.

Ciri-cirinya, bisa jadi dia memepet kamu di bilik ATM mulai dari awal antri, sampai selesai. Nah ketika antri, pelaku akan mengamati orang-orang sekitar. Pelaku modus ini, biasanya punya kelebihan untuk menilai kepribadian seseorang. Dia akan memilih orang dengan ciri khas mudah iba.

Kata Bang Napi, "Kejahatan terjadi bukan saja karena ada niat, tapi juga kesempatan."  Waspadalah, waspadalah teman-teman IDNtimes.

Topik:

Berita Terkini Lainnya