Solidaritas Kendeng, Superman Is Dead Tolak Permintaan Jokowi

"Saya bukan musisi istana"

Grup band punk rock asal Bali, Superman is Dead memilih tegas atas sikap Presiden Joko Widodo terhadap kasus Kendeng. Mereka menolak permintaan Istana yang ingin menggunakan lagu mereka "Jadilah Legenda". Rencananya lagu itu akan digunakan sebagai soundtrack #JokowiMenjawab yang dilakukan tim media sosial Istana di Facebook.

Seperti diketahui, kisruh pembangunan pabrik Semen Indonesia di Rembang Jawa Tengah memasuki babak baru. Ini setelah Gubernur Ganjar Pranowo kembali memberikan izin lingkungan pabrik tersebut. Padahal Mahkamah Agung memerintahkan pembatalan izin pabrik itu.

Jokowi nilai pabrik semen wewenang Ganjar.

Solidaritas Kendeng, Superman Is Dead Tolak Permintaan JokowiIDN Times

Puluhan petani Kendeng kemudian kembali menggelar aksi cor kaki sebagai wujud protes. Bahkan, akibat serangan jantung, seorang peserta cor kaki bernama Patmi meninggal setelah melakukan aksi. 

Solidaritas Kendeng, Superman Is Dead Tolak Permintaan JokowiYudhi Mahatma/ANTARA FOTO

Jokowi sendiri tak banyak berkomentar mengenai aksi tersebut. Kisruh itu, kata dia, menjadi tanggung jawab Ganjar.

Jerinx menilai kemanusiaan lebih penting.

Solidaritas Kendeng, Superman Is Dead Tolak Permintaan JokowiLiputan6.com

Dikutip dari Rolling Stone (25/3), salah satu pentolan Superman is Dead, Jerinx, menyatakan sikapnya. Menurutnya, penolakan atas permintaan istana merupakan wujud solidaritas mereka. Jerinx mengatakan, ada yang paling penting dari sekadar uang, yaitu kemanusiaan.

Baca juga: Bu Patmi, Peserta Cor Kaki Asal Kendeng Meninggal Dunia

"Saya bukan musisi Istana"

Solidaritas Kendeng, Superman Is Dead Tolak Permintaan JokowiRolling Stone

Jerinx mengatakan bahwa aksi diam Jokowi tak sejalan dengan mereka. Dia mengaku tak akan mengizinkan lagu yang ditulisnya digunakan sebagai sebuah kampanye politik apapun. "Saya juga menolak tawaran tersebut sebagai peringatan pada beliau jika saya/SID tidak akan selalu setuju atas kebijakan. Saya bukan musisi istana"

Jerinx juga soroti sikap Jokowi terhadap reklamasi teluk Benoa.

Solidaritas Kendeng, Superman Is Dead Tolak Permintaan JokowiMongabay.co.id

Tak hanya isu Kendeng, Jerinx juga mengkritik sikap Jokowi yang dianggap diam terhadap reklamasi di teluk Benoa Bali. Menurut dia, Presiden sudah waktunya diingatkan. Sebab, warga adat di Bali sudah berjuang melakukan penolakan selama 4 tahun. Namun, pemerintah pusat menurut dia tak banyak berbuat. 

Jokowi adalah penggemar Superman Is Dead.

Solidaritas Kendeng, Superman Is Dead Tolak Permintaan JokowiKompas.com

Lepas dari berbagai kontroversi yang sedang terjadi, ternyata Jokowi merupakan penggemar Superman Is Dead. Ini tak lepas dari kegemarannya mendengarkan musik-musik cadas. Selain Superman Is Dead, Jokowi juga mengidolakan beberapa grup band rock dalam negeri lain seperti Burgerkill dan Jamrud. 

Baca juga: Kumpulan Foto, Warga Kendeng Cor Kaki untuk Protes Pabrik Semen

Topik:

Berita Terkini Lainnya