Setelah Bandung dan Tuban, Giliran Kiai di Lamongan Diserang Orang Gila

Gila apa pura-pura gila? Kok bisa barengan ya

Surabaya, IDN Times - Penyerangan terhadap pemuka agama kembali terjadi. Kali ini menimpa seorang kiai di Lamongan bernama Abdul Hakam Mubarok. Korban yang merupakan pengasuh Pondok Karangasem Paciran Lamongan tersebut diserang oleh seorang pria yang berlagak gila.

Namun, saksi mata yang berada di lokasi mengatakan bahwa tampilan pelaku tak seperti orang gila karena tak tampak kumal. Bahkan, gigi dan baju yang dipakainya tampak bersih. Yang lebih janggal, pelaku diketahui sudah mondar-mandir di lokasi sejak beberapa hari sebelumnya.

1. Kejadian terjadi menjelang salat dhuhur

Setelah Bandung dan Tuban, Giliran Kiai di Lamongan Diserang Orang GilaDok. IDN Times/Istimewa

Habibi, seorang saksi mata mengatakan bahwa kejadian terjadi pada Ahad (18/2), sekitar pukul 11.30 WIB menjelang salat dhuhur. "Saat itu, pelaku yang menggunakan kaos dan sarung tampak mondar-mandir di depan masjid," kata dia.

Kiai Mubarok yang akan menunaikan salat pun meminta pelaku untuk berpindah. Bukannya menurut, pria tersebut malah berontak. Dia berduel, hingga membuat korban terjungkal.

2. Beruntung tak dihakimi massa

Setelah Bandung dan Tuban, Giliran Kiai di Lamongan Diserang Orang GilaIDN Times/Sukma Shakti

Kejadian itu pun menyita perhatian jemaat yang ada di masjid. Mereka kemudian mengamankan pelaku. Layaknya orang gila, pelaku selalu mengelak saat ditanya identitas dan motifnya. Hal ini sempat membuat warga marah dan hampir menghakiminya.

Beruntung, amarah massa dapat diredam. Pelaku kemudian diamankan di pendapa pondok kemudian dibawa ke Markas Polsek Paciran untuk diamankan.

3. Di Tuban, seorang kiai jadi sasaran penyerangan orang edan

Setelah Bandung dan Tuban, Giliran Kiai di Lamongan Diserang Orang GilaIDN Times/Sukma Shakti

Kejadian seperti ini sebenarnya bukan yang pertama kali. Selasa pekan lalu, sebuah masjid di Tuban Jawa Timur menjadi sasaran penyerangan. Pelaku yang belakangan diketahui berasal dari Rembang merusak beberapa kaca masjid. Berdasarkan hasil pemeriksaan, pelaku yang diduga mengalami gangguan jiwa tersebut hendak menyerang salah satu kiai yang menjadi pengasuh di pondok tempat masjid tersebut.

4. Kiai di
Cicalengka juga diserang hingga mengalami luka-luka

Setelah Bandung dan Tuban, Giliran Kiai di Lamongan Diserang Orang GilaIDN Times/Sukma Shakti

Entah kebetulan atau tidak, kejadian serupa juga menimpa seorang kiai di Cicalengka, Bandung bernama Umar Basri pada Sabtu (27/1). Dia mengalami beberapa luka di sekujur tubuhnya.

Pelaku yang bernama Asep pun kemudian ditangkap tak jauh dari lokasi kejadian. Sama seperti penyerangan lainnya, pelaku berlagak gila saat diinterogasi.

 

Baca juga: Pelaku Perusak Masjid di Tuban Masih Berstatus Saksi

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya