Sebut Pahlawan Uang Baru Sebagai Kafir, Begini Penjelasan Dwi Estiningsih

"Cuitan tersebut adalah sebuah perjuangan"

Nama Dwi Estiningsih mendadak populer setelah dia mengomentari sosok pahlawan dalam uang baru yang diluncurkan beberapa waktu lalu. Melalui akun Twitternya, Dwi mengungkapkan protesnya terhadap pemilihan sosok pahlawan non-muslim. "Luar biasa, negeri mayoritas Islam ini, dari ratusan pahlawan, terpilih 5 dari 11 adalah pahlawan kafir #lelah," cuit Dwi, Selasa (20/12) lalu.

Unggahan itu pun menuai pro kontra di dunia maya. Banyak yang menghujat pernyataan wanita yang belakangan juga diketahui sebagai dosen di Yogyakarta itu. Bahkan, Forum Komunikasi Anak Pejuang Republik Indonesia (Forkapri) kemudian melaporkan akun itu ke Polda Metro Jaya, Rabu (21/12). Mereka menilai bahwa Dwi menebar kebencian berbau SARA.

Dwi pasrah.

Sebut Pahlawan Uang Baru Sebagai Kafir, Begini Penjelasan Dwi EstiningsihSeptianda Perdana/ANTARA FOTO

Menanggapi adanya laporan tersebut, Dwi pun mengaku pasrah. Seperti dikutip dari Tempo.co, dia mengaku tak bisa mengontrol persepsi orang. Menurutnya, setiap orang punya pandangan masing-masing terhadap suatu hal. Meskipun begitu, dia menyayangkan budaya masyarakat saat ini yang kerap menjadikan hal kecil sebagai sebuah masalah.

Menganggapnya sebagai sebuah perjuangan.

Sebut Pahlawan Uang Baru Sebagai Kafir, Begini Penjelasan Dwi Estiningsih@estiningsihdwi

Lebih jauh, Dwi juga mengklaim hal itu sebagai bentuk perjuangan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut Dwi, apa yang dilakukannya sama sekali tidak mewakili golongan, suku, dan agama manapun. Sebaliknya, dia mengatakan bahwa cuitnya bertujuan mendudukkan persoalan pada tempatnya.

Baca juga: Dianggap Melecehkan Pahlawan, Pemrotes Uang Baru Dipolisikan

Siap diperiksa polisi.

Sebut Pahlawan Uang Baru Sebagai Kafir, Begini Penjelasan Dwi EstiningsihMuhammad Adimaja/ANTARA FOTO

Dwi pun mengaku siap mempertanggungjawabkan perbuatannya. Jika nanti dipanggil polisi, dia menyatakan siap meskipun baru saja melahirkan beberapa waktu lalu. Bahkan, dia juga siap membawa serta anaknya yang berusia 35 hari jika terpaksa menjalani pemeriksaan.

Mengaku dari keluarga Pancasilais.

Sebut Pahlawan Uang Baru Sebagai Kafir, Begini Penjelasan Dwi Estiningsih

Sebaliknya, diberitakan Kompas.com, Dwi mengatakan bahwa dirinya berasal dari keluarga pancasilais. Sejak kecil dia sudah diajari tentang toleransi antar umat beragama. Bahkan, beberapa anggota keluarganya juga berasal dari kalangan non-muslim.

Tak akan hapus cuitan.

Sebut Pahlawan Uang Baru Sebagai Kafir, Begini Penjelasan Dwi Estiningsih@estiningsihdwi

Meskipun menuai banyak hujatan, Dwi berjanji tidak akan menghapus cuitannya. Bahkan, dia juga tak berencana memblokir netizen yang berkomentar negatif terhadapnya. Dia mengaku menghargai setiap pendapat yang dilontarkan para pengguna media sosial.

Baca juga: Resmi Dirilis, Seperti Ini Penampakan Uang Rupiah Versi Baru

Topik:

Berita Terkini Lainnya