Sampaikan Dukungan, Rombongan Santri Ini Berjalan Puluhan Kilometer

Yang penting damai

Bandung, IDN Times - Ada berbagai cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk menunjukkan dukungannya terhadap pasangan yang akan berlaga di Pilkada 2018. Salah satunya dilakukan oleh pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Tb Hasanuddin-Anton Charliyan. 

Massa yang berasal dari sebuah pesantren itu memilih berjalan kaki (longmarch) puluhan kilometer dari Tugu KH Zaenal Musthofa Kota Tasikmalaya hingga Kota Bandung. Kepada ANTARA, koordinator aksi, Dede Heri mengatakan upaya itu juga dilakukan untuk melakukan sosialisasi Pilgub Jawa Barat kepada masyarakat.

1. Jangan hanya dijadikan sebagai pestanya elite politik

Sampaikan Dukungan, Rombongan Santri Ini Berjalan Puluhan KilometerIDN Times/Sukma Shakti

Dede mengatakan, melalui sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat juga sadar bahwa Pilgub adalah pesta demokrasi seluruh rakyat Indonesia, bukan sekadar milik elite politik semata.

"Pilgub Jabar jangan hanya sekedar menjadi prosedur demokrasi pergantian kekuasaan tapi harus memiliki substansi demokrasi untuk melahirkan pemimpin terbaik untuk masyarakat Jawa Barat," kata Dede, Selasa (6/2).

2. Longmarch juga bawa pesan damai

Sampaikan Dukungan, Rombongan Santri Ini Berjalan Puluhan KilometerIDN Times/Sukma Shakti

Pesan lain yang ingin disampaikan, kata Dede, adalah agar pelaksanaan pesta demokrasi itu bisa berjalan damai dan lancar. "Untuk masyarakat Jawa Barat, mari mengawal demokrasi dengan aman, damai tanpa adanya kekerasan, dan perbedaan pilihan jangan dijadikan permasalahan karena kita bersaudara," kata dia.

Baca juga: Catat: Ini Daerah Paling Rawan saat Pilkada 2018

3. Disambut langsung oleh Tb Hasanuddin

Sampaikan Dukungan, Rombongan Santri Ini Berjalan Puluhan KilometerANTARA FOTO/Novrian Arbi

Tiba di Bandung pada pukul 06.00 WIB, rombongan santri disambut langsung oleh calon gubernur pilihan mereka, Tb Hasanuddin. Kepada para santri, Hasanuddin menyampaikan rasa terimakasihnya. Selain itu, dia berjanji akan menjalankan amanah jika nanti terpilih di pilgub Jawa Barat. Dalam pilgub jabar, Tb Hasanuddin-Anton hanya didukung oleh PDIP yang memiliki 20 kursi di DPRD Jawa Barat. 

Baca juga: Pilkada di Papua Rawan Konflik, Ini Penyebabnya

 


 

Topik:

Berita Terkini Lainnya