Masuk 13 Besar Miss Universe, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil Indonesia

"Terima kasih, Indonesia"

Puteri Indonesia 2016, Kezia Warouw, berhasil masuk 13 besar dalam ajang Miss Universe 2017. Meskipun akhirnya tak masuk dalam 9 besar, Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri K Wardani mengatakan bahwa prestasi ini cukup membanggakan. Sebab, Kezia mampu bertarung dengan 85 wanita lainnya dari seluruh dunia.

Seperti diketahui, gelar Miss Universe tahun ini akhirnya disabet oleh Iris Mittenaere asal Prancis. Dia menyingkirkan dua lawannya dalam 3 besar yaitu Raquel Pelissier dari Haiti dan Andrea Tovar asal Colombia.

Buah kerja keras selama setahun.

Masuk 13 Besar Miss Universe, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil Indonesiainstagram.com/keziawarouw

Selain karena banyaknya saingan, keberhasilan Kezia dalam menempati 13 besar juga layak diapresiasi karena waktu persiapan yang cukup lama, yaitu 1 tahun. Kezia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia atas dukungan yang diberikan kepadanya.

Tak mudah mendapatkan kandidat yang mampu berbicara di ajang internasional.

Masuk 13 Besar Miss Universe, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil Indonesiainstagram.com/indopageants

Meski belum berhasil meraih predikat ratu sejagat, Putri mengatakan bahwa ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari gelaran tersebut. Salah satunya adalah bagaimana mendapatkan kandidat yang mampu berbicara di ajang internasional. “Ini kelihatannya mudah, tetapi sebenarnya sangat sulit karena tradisi budaya kita tidak mengajarkan demikian,” ujar Putri melalui keterangan pers yang diterima IDN Times, Selasa (31/1).

Sebaliknya, pemenang dari Asia lebih banyak didominasi oleh India dan Filipina yang memiliki budaya lebih terbuka dan pandai merangkai kata. Sebaliknya, Indonesia dianggap mampu memperkenalkan budaya ramah tamah melalui busana yang dipilih.

Baca juga: 8 Kejutan yang Terjadi Selama Babak Final Miss Universe 2017, Indonesia Top 13!

Dunia menjadi tahu keragaman Indonesia.

Masuk 13 Besar Miss Universe, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil Indonesia
Kompas.com

Pelajaran lain adalah dunia menjadi tahu bahwa Indonesia adalah negara besar yang memiliki keindahan dasar negara yaitu Pancasila. Apalagi, tahun ini Indonesia mengambil tema kostum "Garuda Unity in Diversity".

Baca juga: Ajang Miss Universe di Filipina Jadi Sasaran Baru Serangan ISIS

Topik:

Berita Terkini Lainnya