Masjid Sunda Kelapa Punya Cerita Bagi Anies dan Sandiaga

Dari Sunda Kelapa ke Balaikota

Laporan IDN Times, Iman Suryanto

Jakarta - Masjid Agung Sunda Kelapa ternyata memiliki kisah tersendiri bagi pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur itu memilih berdoa di sana sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Senin (16/10) sore.

Salah satu simpatisan Anies-Sandi, Andika mengatakan bahwa Masjid Agung Sunda Kelapa menjadi tempat bersejarah bagi keduanya, mengingat di tempat inilah pasangan tersebut berawal.

"Dulu deklarasinya di sini juga (di aula masjidnya), nah sekarang telah jadi mereka ke sini juga. Sebenarnya setiap ada waktu ke duanya selalu menyempatkan ke sini. Baik disela-sela kesibukkan kampanye maupun sembayangnya disini juga," kata dia.
 

Masjid Sunda Kelapa Punya Cerita Bagi Anies dan Sandiaga Iman Suryanto/IDN Times

Baca juga: Dukung Anies-Sandi, Tokoh Kalijodo Dendam Pada Ahok?

Masjid Agung Sunda Kelapa sendiri terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Masjid yang berada sebelah rumah dinas Wakil Presiden Jusuf Kalla tersebut dibangun atas prakarsa Ir. Gustaf Abbas pada tahun 1960-an.

Tak seperti masjid kebanyakan, Sunda Kelapa tak memiliki kubah, bedug, serta ornamen seperti lazimnya tempat salat. Desain bangunannya yang berupa perahu merupakan simbol pelabuhan Sunda Kelapa tempat saudagar muslim berdagang dan menyebarkan Islam. Bentuk perahu juga bermakna kepasrahan seorang muslim yang sedang duduk bersila dengan tangan menengadah sedang berdoa.

Baca juga: Ahok Tak Mau Anies-Sandiaga Rombak APBD-P DKI

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya