Letusan Merapi, AirAsia dan Garuda Batalkan Belasan Penerbangan

Mereka diberi opsi untuk menjadwal ulang hingga refund

Yogyakarta, IDN Times - Letusan freatik gunung Merapi yang terjadi Jumat (5/11) pagi membuat penerbangan dari dan menuju Yogyakarta dibatalkan. Setidaknya sudah dua maskapai yaitu, Garuda Indonesia dan AirAsia yang sudah menginformasikan pembatalan perjalanan mereka.

1. Ada 12 penerbangan yang dibatalkan

Letusan Merapi, AirAsia dan Garuda Batalkan Belasan PenerbanganANTARA FOTO/Aloysius Jarot

Dalam rilis resminya, AirAsia menyatakan bahwa setidaknya ada 12 penerbangan yang mengalami pembatalan. Dari jumlah tersebut, 5 di antaranya adalah penerbangan internasional dari dan menuju Malaysia serta Singapura. Adapun 7 lainnya adalah penerbangan dalam negeri dengan tujuan Bali, Yogyakarta, serta Jakarta.

berkenan menginformasikan bahwa sejumlah penerbangan dari dan menuju Yogyakarta terdampak erupsi Gunung Merapi di Jawa Tengah. Berikut di bawah ini adalah daftar penerbangan yang terdampak pada hari ini, 11 Mei 2018.

"AirAsia akan menginformasikan status penerbangan terkini kepada penumpang yang terkena dampak  melalui email dan SMS. AirAsia mengimbau semua penumpang untuk memperbarui nomor telepon dan alamat email yang terdaftar di www.airasia.com," kata Head of Communications AirAsia Indonesia, Baskoro Adiwiyono dalam keterangan tertulisnya.

2. Penumpang bisa memilih kompensasi

Letusan Merapi, AirAsia dan Garuda Batalkan Belasan PenerbanganDok. IDN Times/Istimewa

Sebagai kompensasinya, AirAsia menyediakan beberapa alternatif. Pertama adalah pengubahan jadwal terbang. "Pengubahan jadwal penerbangan untuk rute yang sama dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula tanpa dikenakan biaya tambahan dan bergantung pada ketersediaan kursi," kata Baskoro.

Pilihan kompensasi kedua adalah pengalihan biaya tiket menjadi deposit. Deposit ini bisa digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku 90 hari.

Ketiga adalah pengembalian dana (refund) penuh. Adapun pilihan terakhir adalah perubahan rute. "Ubah rute ke tujuan AirAsia terdekat ke Yogyakarta dalam periode 14 hari dari jadwal keberangkatan semula tanpa biaya tambahan dan tergantung ketersediaan kursi."

3. Garuda batalkan 14 penerbangan

Letusan Merapi, AirAsia dan Garuda Batalkan Belasan PenerbanganANTARA FOTO/Aloysius Jarot

Tak hanya AirAsia, Garuda Indonesia juga membatalkan sebanyak 14 penerbangan dari dan menuju Yogyakarta. Semua rute yang dibatalkan adalah relasi Denpasar, Jakarta, Balikpapan, dan Surabaya.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Hengki Heriandono mengatakan bahwa seluruh penumpang Garuda Indonesia yang terdampak pembatalan jadwal diberikan beberapa pilihan yaitu reschedule, reroute atau melakukan full refund sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

 

Baca juga: Letusan Merapi, Adi Sucipto Kembali Ditutup hingga Sore

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya