Kecewa, Gerindra Mulai Siapkan Sosok Penantang Ridwan Kamil

Tetap jalin komunikasi dengan Emil

Partai Gerindra hampir pasti pecah kongsi dengan Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Mereka menyatakan tak akan lagi mendukung Emil dalam Pilkada Jawa Barat Tahun depan. Hal ini cukup mengejutkan, mengingat Ridwan Kamil adalah sosok yang mereka dukung saat memenangi pemilihan Walikota Bandung tahun 2013 lalu. Sikap Gerindra tersebut tak lepas dari didukungnya Emil oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang merupakan pengusung Joko Widodo. Adapun Gerindra sendiri adalah partai yang saat ini diketuai oleh rival Jokowi dalam pemilihan Presiden 2014 lalu, Prabowo Subianto. Meskipun begitu, Gerindra menyatakan terus melakukan komunikasi dengan Emil untuk menjajaki segala kemungkinan.

Akibat kecewa, kini partai berlambang burung garuda tersebut pun mulai menjajaki sosok lain yang dianggap mampu menandingi elektabilitas Emil. Dikutip dari Liputan6.com, Senin (27/3), Ketua DPD Gerindra Jawa Barat menyatakan bahwa  saat ini ada beberapa tokoh yang sedang dipertimbangkan sebagai penantang Emil. Mereka antara lain, Dedi Mulyadi, Dede Yusuf, Deddy Mizwar dan Agung Suryamal Sutrisno. 

Dedi Mulyadi

Kecewa, Gerindra Mulai Siapkan Sosok Penantang Ridwan KamilTempo.co

Pria yang juga Bupati Purwakarta ini mengaku belum memutuskan untuk maju. Dia pun memilih merendah. Menurut dia, disandingkan dengan nama besar seperti Ridwan Kamil dalam sebuah survei merupakan sebuah kebanggaa. Dalam survei yang dilakukan oleh Indobarometer, nama Dedi Mulyadi  masuk dalam 5 besar. 

Dede Yusuf

Kecewa, Gerindra Mulai Siapkan Sosok Penantang Ridwan KamilKumparan.com

Hampir sama dengan Dedi, Dede Yusuf pun menganggap bahwa pembicaraan mengenai Pilkada Jawa Barat masih terlalu dini. Menurut dia, Partai Demokrat yang menaunginya belum memutuskan untuk mengusung siapapun dalam Pilkada Jawa Barat. Dede sendiri merupakan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2008-2013 bersama Gubernur Ahmad Heriawan.  

Baca juga: Jadi Cagub Partai Pengusung Jokowi, Gerindra "Lepas" Ridwan Kamil

Deddy Mizwar

Kecewa, Gerindra Mulai Siapkan Sosok Penantang Ridwan KamilLiputan6.com

Berdasarkan hasil survei Indobarometer, nama aktor yang juga Wakil Gubernur Jawa Barat ini cukup populer. Elektabilitasnya hanya kalah dari RIdwan Kamil. Selain Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera juga santer dikabarkan akan mengusungnya. Namun, hingga kini dia belum memberikan respons apapun. Meski begitu, Dedi mengatakan bahwa kemungkinan dia bersanding dengan Ridwan Kamil masih terbuka lebar. 

Agung Suryamal Sutrisno

Kecewa, Gerindra Mulai Siapkan Sosok Penantang Ridwan KamilRMOL.com

Nama Agung Suryawam Sutrisno memang belum cukup populer dibandingkan bakal calon lain, namun Gerindra menganggap Ketua Kamar Dagang dan Industri Jawa Barat ini memiliki potensi besar. Agung sendiri masih berkomentar normatif saat ditanya tentang rencana pencalonannya. "Mengenai masyarakat yang mendeklarasikan dukung saya itu hak mereka karena mungkin mereka ingin pemimpin alternatif. Saya berterima kasih ada masyarakat yang mendukung saya. tapi saya sarankan kepada masyarakat agar mengetahui track record saya dan kompetensi saya sebelum mendukung," ujar Agung seperti diberitakan Pikiran Rakyat.

Baca juga: Ridwan Kamil Siap Jadi Cagub, Penantangnya Diprediksi dari Barisan Selebritis

Topik:

Berita Terkini Lainnya