[INFOGRAFIS] Penjelasan Mengapa Awal Puasa Bisa Berbeda

Perbedaan jangan sampai membuat perpecahan

Pemerintah akhirnya menentukan awal puasa jatuh pada Sabtu (27/5), sama dengan ketetapan Muhammadiyah. Hal itu diputuskan dalam sidang Isbat hari ini Jumat (26/5). Salah satu dasar utama penentuan awal Ramadan adalah terbenamnya matahari dan munculnya bulan. Bulan dan hari baru baru dalam kalender Islam atau Hijriah berbeda dengan kalender umum. Jika dalam kalender umum hari baru dimulai saat matahari terbit, kalender Hijriah tidak demikian. Bulan baru sudah terhitung sejak matahari terbenam.

Dalam menentukan permulaan bulan baru juga ada beberapa cara. Pemerintah misalnya, mereka berpatokan pada Rukyatul Hilal atau pengamatan langsung terhadap pergerakan bulan. Artinya, saat matahari terbenam, bulan baru atau hilal harus memiliki tinggi setidaknya 2 derajat terhadap garis ufuk. Untuk memantau pergerakan hilal, pemerintah biasanya menggunakan teleskop yang tersebar di 84 titik di seluruh Indonesia.

Hal ini berbeda dengan Muhammadiyah. Pertimbangan utama mereka adalah sistem hisab atau perhitungan astronomis. Menggunakan sistem ini, Ramadan dan lebaran puluhan tahun lagi pun bisa ditentukan hari ini. Dengan metode tersebut, berapa derajat pun kemunculan hilal, asalkan sudah terlihat, maka Muhammadiyah akan menetapkannya sebagai bulan baru. 

Baca juga: Meski Jadi Minoritas, 9 Astronom Wanita Ini Hasilkan Temuan Mengagumkan!

[INFOGRAFIS] Penjelasan Mengapa Awal Puasa Bisa BerbedaSukma Shakti/IDN Times

Perbedaan dalam menentukan bulan baru memang menjadi perdebatan tiap tahun. Namun, pemerintah selalu menegaskan bahwa perbedaan tersebut jangan sampai menimbulkan perpecahan. Apalagi, hal serupa sudah terjadi sejak puluhan tahun lalu dan tak pernah menimbulkan masalah besar. Sebagai solusi, pemerintah telah mewacanakan pembuatan semacam kalender hijriah abadi. Kalender ini akan berlaku hingga puluhan tahun layaknya penanggalan masehi.

Baca juga: QuranIDproject: Dengar Al-Qur'an Langsung dari Artis Idola

Topik:

Berita Terkini Lainnya