Gus Ipul Janjikan Asuransi untuk Seluruh Nelayan Jawa Timur

Dicatat ya, Gus...

Surabaya, IDN Times - Calon gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bertemu dan berdialog dengan para tokoh nelayan Muncar, Banyuwangi, Sabtu (14/4). Di sana, Gus Ipul sempat membeli beberapa ikan hasil tangkapan nelayan Banyuwangi. 

Dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, para nelayan mengeluhkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) No. 1/2015. Regulasi itu melarang penangkapan lobster bertelur. Selain itu, ekspor bibit lobster berukuran 50-100 gram juga tidak diperbolehkan lagi.

1. Nelayan juga meminta adanya asuransi

Gus Ipul Janjikan Asuransi untuk Seluruh Nelayan Jawa TimurDok. IDN Times/Istimewa

Salah satu nelayan, Mastur (57) mengatakan bahwa Permen itu sangat merugikan nelayan. Sebab, selama ini lobster adalah komoditi yang lebih menguntungkan ketimbang hasil laut lainnya. "Para nelayan tidak berani menangkap bibit lobster, pembudidaya lokal-pun berhenti produksi," ujarnya.

Selain lobster, para nelayan ini juga mengeluhkan belum meratanya asuransi yang bisa menaungi mereka. Program Pemerintah pusat tentang asuransi nelayan juga masih terbatas.

2. Berjanji akan mengkomunikasikannya dengan pemerintah pusat

Gus Ipul Janjikan Asuransi untuk Seluruh Nelayan Jawa TimurDok. IDN Times/Istimewa

Menanggapi hal ini, Gus Ipul berjanji akan mengkomunikasikannya dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. "Kalau ditangkap untuk dikonsumsi atau bahkan ekspor jelas tidak boleh. Tapi mohon untuk pembibitan bisa menjadi pertimbangan," kata dia.

Sementara untuk asuransi, dirinya bersama calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno berkomitmen membantu pembayaran premi asuransi nelayan. 

"Program bantuan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan, belum mampu mencakup seluruh nelayan," kata Gus Ipul

3. Targetkan seluruh nelayan tercover asuransi

Gus Ipul Janjikan Asuransi untuk Seluruh Nelayan Jawa TimurDok. IDN Times/Istimewa

Gus Ipul menargetkan seluruh nelayan di Banyuwangi maupun Jawa Timur yang jumlahnya mencapai 300.000 bisa seluruhnya ter-cover asuransi. 

Nantinya penerintah provinsi, kata dia, akan memberikan bantuan premi asuransi ke nelayan secara proporsional. "Dananya terjangkau oleh alokasi dana APBD Jatim. Ini bukti keberpihakan kami," ujar Gus Ipul.

Selain asuransi nelayan, Gus Ipul juga telah menyiapkan sejumlah program lainnya bagi nelayan. Mulai teknologi pengumpul ikan hingga revitalisasi pasar.

Baca juga: Gus Ipul Ajak Ulama Perangi Perkawinan Usia Dini

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya