Dipolisikan Karena Menista Agama, Rizieq Shihab Balik Laporkan PMKRI

FPI menilai PMKRI memecah belah persatuan bangsa

Front Pembela Islam berencana melaporkan balik Perhimpunan Mahasiswa Katholik Republik Indonesia (PMKRI). Langkah ini dipicu oleh pelaporan yang dilakukan oleh PMKRI terhadap Imam Besar mereka, Rizieq Shihab. Dikutip dari Tempo.co, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Daerah FPI DKI Jakarta Novel Bamukmin mengatakan bahwa mereka akan melaporkan PMKRI karena dianggap melakukan pencemaran nama baik.

Seperti diketahui, Imam Besar FPI, Rizieq Shihab dilaporkan oleh PMKRI, Selasa (27/12). Dia dianggap melakukan penistaan terhadap agama nasrani. Dalam sebuah pidatonya, Rizieq mengatakan bahwa Tuhan tidak mungkin beranak. "Kalau Tuhan beranak, bidannya siapa," kata Rizieq. Dia juga melarang umat Islam mengucapkan selamat hari Natal. Selain Rizieq, PMKRI melaporkan pemilik akun Instagram @fauzi_ahmad_fiiqolby dan akun Twitter @sayareya yang menyebarkan video itu di dunia maya.

PMKRI dianggap memecah belah persatuan bangsa.

Dipolisikan Karena Menista Agama, Rizieq Shihab Balik Laporkan PMKRIRivan Awal/ANTARA FOTO

Novel mengaku tak mempermasalahkan laporan itu. Menurut dia, setiap warga negara punya hak untuk melaporkan sebuah dugaan pelanggaran pidana kepada polisi. Namun, dia menganggap bahwa laporan PMKRI sebagai upaya untuk memecah belah persatuan bangsa.

Baca juga: Video Viral: Game Konsol Smack Down Pertemukan Ahok dan Habib Rizieq!

Sebut laporan sebagai pengalihan kasus Ahok.

Dipolisikan Karena Menista Agama, Rizieq Shihab Balik Laporkan PMKRIEko Siswono/ANTARA FOTO

Diberitakan Kompas.com, Novel juga menyebut pelaporan ini mengada-ada. Bahkan, dia menuding PMKRI sengaja membuat laporan untuk mengalihkan kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Rizieq raih man of the year dari organisasi Tionghoa.

Dipolisikan Karena Menista Agama, Rizieq Shihab Balik Laporkan PMKRIRivan Awal/ANTARA FOTO

Sebaliknya, Novel menyangkal bahwa Rizieq adalah tokoh penista agama. Menurut dia, Rizieq kerap melakukan dialog dan berkoordinasi dengan berbagai tokoh lintas agama. Bahkan, sebuah kelompok Tionghoa beberapa waktu lalu mengganjar Rizieq sebagai man of the year.

PMKRI mengaku tak gentar.

Meskipun dilaporkan balik, Ketua Umum PMKRI, Angelo Wake Kako mengaku tak gentar. Dia tetap meyakini bahwa Rizieq Shihab telah menistakan agamanya.

Bantah alihkan isu.

Dipolisikan Karena Menista Agama, Rizieq Shihab Balik Laporkan PMKRITempo.co

Ihwal tudingan bahwa laporannya merupakan pengalihan isu kasus Ahok, Angelo pun membantahnya. Menurut dia, PMKRI sama sekali tidak terafiliasi dengan organisasi pendukung Ahok.

Sedang menghadapi kasus "campur racun".

Dipolisikan Karena Menista Agama, Rizieq Shihab Balik Laporkan PMKRITempo.co

Selain dilaporkan oleh PMKRI, Rizieq sendiri saat ini sedang menghadapi kasus dugaan penistaan budaya. Dia dilaporkan oleh Denda Alamsyah dari organisasi massa Angkatan Muda Siliwangi (AMS) karena memelesetkan salam khas Sunda. Dia menyebut sampurasun menjadi campur racun.

Baca juga: Ini Persyaratan dari Rizieq Shihab Jika Demo 2 Desember Berpusat di Monas

Topik:

Berita Terkini Lainnya