Debat Pilkada Jatim, Ini Solusi Penyediaan Lapangan Kerja dari Khofifah-Emil

Masih banyak warga Jatim yang memilih jadi TKI

Surabaya, IDN Times - Salah satu pertanyaan dalam debat pertama Pilkada Jawa Timur adalah tentang solusi penyediaan tenaga kerja. Para calon kepala daerah dituntut memberikan solusi agar masyarakat Jawa Timur lebih memilih bekerja di daerah daripada menjadi tenaga kerja di luar negeri.

1. Emil sebut wirausaha sebagai solusi tepat

Debat Pilkada Jatim, Ini Solusi Penyediaan Lapangan Kerja dari Khofifah-EmilIDN Times/Ardiansyah Fajar

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1, Emil Dardak mengatakan bahwa Emil wirausaha adalah solusi tepat untuk mengurangi tingginya jumlah TKI yang bekerja di luar negeri. "Harus ada semacam communa branding, atau semacam pengelolaan secara berkelompok," kata Emil Selasa (10/4).

2. Pertanian harus dikembangkan

Debat Pilkada Jatim, Ini Solusi Penyediaan Lapangan Kerja dari Khofifah-EmilDok. IDN Times/Istimewa

Adapun calon Gubenur nomor urut 1, Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa meningkatkan pertanian juga bisa menjadi solusi lainnya. Dia mencontohkan di Blitar, banyak peternakan kekurangan suplai jagung. "Ini menandaka masih banyak potensi pertanian yang biaa dikembangkan," ujarnya.

3. Masih banyak industri yang kekurangan tenaga kerja

Debat Pilkada Jatim, Ini Solusi Penyediaan Lapangan Kerja dari Khofifah-EmilIDN Times/Ardiansyah Fajar

Selain itu, Khofifah juga sudah berkeliling di beberapa daerah. Hasilnya, dia melihat ada beberapa industri yang kekurangan tenaga kerja. "Ini peluang yanh bisa dimanfaatkan," kata Khofifah.

Baca juga: Debat Pilkada Jatim, Suasana Pendukung Sempat Memanas

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya