Debat Pilgub Jatim, Gus Ipul Akan Dorong Anak Muda Jadi Petani

Hanya 12 persen generasi muda yanh mau jadi petani.

Surabaya, IDN Times - Pada sesi pertama debat Pilkada Jatim Selasa (8/5), kedua pasangan mendapatkan pertanyaan tentang bagaimana cara mereka mengembangkan pembangunan di bidang pertanian. Mereka pun memaparkan berbagai program prioritas.

1. Gus Ipul sebut ada 3 prioritas

Debat Pilgub Jatim, Gus Ipul Akan Dorong Anak Muda Jadi PetaniIDN Times/Rosa Folia

Calon Gubernur nomor urut 2, Saifullah Yusuf mengatakan bahwa ketahanan pangan dan pertanian sangat erat kaitannya. Setidaknya, ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam pembangunan ekonomi, yaitu produktivitas, kesejahteraan petani, serta, terpenuhinya kebutuhan rakyat.

2. Andalkan teknologi

Debat Pilgub Jatim, Gus Ipul Akan Dorong Anak Muda Jadi PetaniIDN Times/Rosa Folia

Untuk memenuhi tiga hal tersebut, Gus Ipul mengatakan ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama adalah meningkatkan produktivitas melalui penggunaaan teknologi pertanian yang tepat guna. "Ini harus dilakukan karena jumlah lahan yang subur terus berkurang," kata Gus Ipul.

3. Dorong anak muda jadi petani

Debat Pilgub Jatim, Gus Ipul Akan Dorong Anak Muda Jadi PetaniIDN Times/Sukma Shakti

Cara lain adalah dengan menghadirkan pertanian berjamaah. Konsep ini memungkinkan adanya agribisnis hulu hilir sehingga tak perlu ada subsidi dari pemerintah. "Selain itu, kita juga akan dorong agar anak muda mau jadi petani," ujarnya. Menurut Gus Ipul, jumlah anak muda dengan usia di bawah 35 tahun yang menjadi petani hanya 12 persen.

Topik:

Berita Terkini Lainnya