Bukan SD atau SMA, Ini Investasi Pendidikan Terbesar Menurut Anies 

Jadi apa, Pak?

Laporan IDN Times, Helmi Shemi 

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah investasi pendidikan paling penting. Hal ini, kata Anies, dikarenakan pendidikan di tingkat tersebut memiliki impilikasi paling besar dalam kehidupan seseorang.

"Penerima hadiah nobel membuktikan investasi pendidikan untuk anak usia dini, dasar, menengah, tinggi terbukti bahwa hasil terbesar justru didapat dari pendidikan anak usia dini," kata Anies di Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Kamis (16/11).

Untuk itu, Jakarta perlu menyediakan PAUD si tiap sudut kota, termasuk fasilitasnya yang baik. Anies menekankan perlu ada upaya penyediaan PAUD di tempat-tempat yang masih kurang secara ekonomi sosial. 

Bukan SD atau SMA, Ini Investasi Pendidikan Terbesar Menurut Anies IDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

"Kita wajib menyediakan pendidikan usia dini di semua tempat di jakarta dan kita. Tadi saya instruksikan kepada kepala dinas supaya melakukan review, memastikan semua tempat di Jakarta tersedia PAUD dan fasiltasnya baik. Kalau fasilitas belum baik harus kita tingkatkan," kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Baca juga: Ini yang Dilakukan Anies Baswedan untuk Kepulauan Seribu

"Dan insyaallah di mulai tahun 2018 ini sebagian (PAUD) sudah bisa langsung dikerjakan. Saya sampaikan ke pak Dirjen pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat," imbuhnya. 

Dengan begitu, meski keluarga sang anak masih kekurangan, namun dengan adanya PAUD memberikan harapan bagi anak-anak untuk tumbuh berkembang lebih baik. 

Bukan SD atau SMA, Ini Investasi Pendidikan Terbesar Menurut Anies IDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

"Situasi hari ini hidup orang tuanya masih sederhana, pekerjaan belum pasti tapi bila kualitas pendidikan anak usia dininya baik, lalu gizi anaknya baik, maka insyaallah itu akan memberikan harapan bagi mereka bahwa generasi berikutnya tidak akan sama dengan mereka," tutup Anies. 

Dalam kesempatan itu, Anies juga membuka gelaran Gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) DKI Jakarta Tahun 2017. Dalam gelaran ini,  Anies mengimbau para insan pendidikan agar berkomitmen tinggi dalam menjalankan fungsi pendidikan dan perlindungan bagi setiap anak. 

Bukan SD atau SMA, Ini Investasi Pendidikan Terbesar Menurut Anies IDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Selain membuka gelaran ini, Anies turut mengukuhkan para Bunda PAUD masa bakti 2017-2022, yakni Fery Farhati untuk tingkat Provinsi, Yetty Hernawati untuk Tingkat Kota Administrasi Jakarta Utara, serta  Irma Achdijati untuk Tingkat Kabupaten Kepulauan Seribu.

Baca juga: Antisipasi Banjir Jakarta, Anies Blusukan ke Kali Krukut. Ini yang Dilakukannya

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya