6 Fakta Tentang Siti Aisyah, WNI yang Diduga Membunuh Kakak Tiri Kim Jong-un

Pembantu rumah tangga yang diduga menjadi agen Korea Utara

Nama Siti Asiyah mendadak tenar dalam beberapa hari terakhir. Wanita kelahiran Serang ini diduga ikut terlibat dalam pembunuhan kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, Kim Jong-nam. Bersama rekannya yang berasal dari Vietnam, dia diduga membunuh Jong-nam dengan cara menyemprot dan membekap mulutnya menggunakan racun. 

Tak banyak informasi yang bisa dikulik dari Siti Aisyah. Apalagi, Polisi Diraja Malaysia saat ini masih menahan keduanya. Bahkan, Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur hingga saat ini belum diperbolehkan menemui Aisyah. Keterangan tentang Aisyah hanya didapat dari berbagai sumber, mulai dari tetangga hingga dokumen identitas miliknya. Berikut 6 fakta tentang Siti Aisyah: 

1. Masih berusia 25 tahun.

6 Fakta Tentang Siti Aisyah, WNI yang Diduga Membunuh Kakak Tiri Kim Jong-unKumparan.com

Dari foto paspor yang beredar di berbagai media, Siti Aisyah diketahui lahir pada 11 Februari 1992, di Serang, Banten. Dalam gambar tersebut juga terlihat bahwa paspor Aisyah dikeluarkan oleh Kantor Imigrasi Jakarta Barat. 

2. Gadis desa yang sempat menjadi pembantu rumah tangga.

6 Fakta Tentang Siti Aisyah, WNI yang Diduga Membunuh Kakak Tiri Kim Jong-unUtusan.com

Tak banyak perjalanan hidup Siti Aisyah yang diketahui para tetangganya di Tambora, Jakarta Barat. Namun, dari beberapa penutuan mereka diketahui bahwa Aisyah sempat menjadi pembantu rumah tangga di rumah milik seorang pengusaha konveksi bernama Liang Kiong. 

3. Sempat menikah dan memiliki 1 anak.

6 Fakta Tentang Siti Aisyah, WNI yang Diduga Membunuh Kakak Tiri Kim Jong-unAkbar Ramadhan/Kumparan

Aisyah diketahui memiliki anak yang saat ini berusia 7 tahun dari pernikahannya dengan mantan suaminya bernama Gunawan Hasyim. Anak tersebut saat ini tinggal bersama mantan mertuanya di Tambora Jakarta Barat. Bahkan, Siti sempat menengok sang anak saat libur Imlek akhir Januari 2017 lalu.  

Baca juga: Wanita Indonesia yang Diduga Membunuh Kakak Tiri Kim Jong-Un Ditahan 7 Hari

4. Memiliki kekasih seorang yang tinggal di Malaysia.

6 Fakta Tentang Siti Aisyah, WNI yang Diduga Membunuh Kakak Tiri Kim Jong-unMirror.co.uk

Dikutip dari The Star, setelah bercerai dengan warga Tambora, Jakarta Barat, Siti Aisyah saat ini diketahui memiliki kekasih bernama Farid Jalaluddin. Pria berusia 26 tahun tersebut kini juga telah diperiksa secara intensif oleh Kepolisian Malaysia. 

5. Diduga menjadi "korban" agen asing.

6 Fakta Tentang Siti Aisyah, WNI yang Diduga Membunuh Kakak Tiri Kim Jong-unIndependent.co.uk

Dilansir dari media Malaysia, Utusan, sumber kepolisian setempat menduga Aisyah dimanfaatkan oleh agen rahasia internasional untuk melakukan pembunuhan. Hal ini dilakukan untuk menyembunyikan otak pelaku sebuah kasus pembunuhan. Strategi intelijen ini biasa disebut cut-out

6. Kerap keluar masuk Malaysia.

6 Fakta Tentang Siti Aisyah, WNI yang Diduga Membunuh Kakak Tiri Kim Jong-unTodayonline.com

Sebelum akhirnya ditangkap karena diduga membunuh Kim Jong-nam, Siti Aisyah terdeteksi sempat masuk Malaysia pada 16 November 2016 lalu lewat laut. Dikutip dari Tempo.co, Aisyah kemudian keluar Malaysia melalui jalur udara pada 21 Januari 2017. Setelah itu, pergerakannya tidak terdeteksi lagi. Sebelumnya, Aisyah juga disebut pernah bekerja dengan mantan suaminya di Malaysia. 

Baca juga: Pembunuhan Kakak Tiri Kim Jong-un, Seorang Wanita Indonesia Ditangkap

Topik:

Berita Terkini Lainnya