1.000 Massa Siap "Gruduk" Sidang Perdana Ahok Hari Ini

Polisi sampai siapkan 3 jenis pengamanan

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) akan mengerahkan sekitar 1.000 massa untuk mengawal persidangan dugaan penistaan agama yang menyeret Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Organisasi yang menjadi penggerak aksi 411 dan 212 itu mengklaim sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan.

Seperti yang diketahui, calon Gubernur petahana Jakarta tersebut menjalani persidangan pertamanya dalam dugaan penistaan agama. Sidang akan dilakukan di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (13/12) mulai pukul 09.00 WIB.

Menjaga transparansi persidangan.

1.000 Massa Siap Gruduk Sidang Perdana Ahok Hari IniRivan Awal/ANTARA FOTO

Dikutip dari Viva.co.id Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Zaitun Rasmi, mengatakan bahwa kehadiran mereka bukan tanpa alasan. Mereka datang dengan tujuan untuk memastikan persidangan tetap transparan.

Ingatkan agar anggotanya tak mudah terpancing.

1.000 Massa Siap Gruduk Sidang Perdana Ahok Hari IniRahmad/ANTARA FOTO

Dengan jumlah yang begitu besar, dia meminta agar massa tak mudah terpancing emosi. Sebaliknya, dia berharap pihak keamanan mampu menjaga sidang secara maksimal.

Baca juga: Survei SMRC: Mayoritas Masyarakat Yakin Aksi 411 Ditunggangi Kepentingan Politik

Terus kawal sampai tuntas.

1.000 Massa Siap Gruduk Sidang Perdana Ahok Hari IniAmpelsa/ANTARA FOTO

Tak hanya sidang perdana, mereka juga memastikan akan terus mengawal sidang hingga tuntas.

Pengamanan secara persuasif.

1.000 Massa Siap Gruduk Sidang Perdana Ahok Hari IniIndrianto Eko/ANTARA FOTO

Menggapi adanya rencana tersebut, kepolisian mengaku telah mempersiapkan berbagai antisipasi agar persidangan berjalan lancar. Seperti diberitakan Republika.co.id, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar mengatakan bahwa pengamanan terhadap para pengunjung sidang akan dilakukan secara persuasif.

Siapkan tiga jenis pengamanan.

1.000 Massa Siap Gruduk Sidang Perdana Ahok Hari IniSigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Mengingat banyaknya orang yang akan datang, kepolisian telah menyiapkan tiga skema pengamanan. Pertama adalah pengamanan kepada pihak yang terlibat dalam persidangan, baik hakim, jaksa maupun terdakwa. Kedua terhadap lokasi. Adapun pengamanan terakhir terhadap proses persidangan. Namun, hingga kini kepolisian belum memastikan berapa personil yang akan dilibatkan dalam sidang tersebut.

Baca juga: 4 Orang Ini Pernah Dipenjara Karena Penistaan Agama

Topik:

Berita Terkini Lainnya