Meikarta, Kota Bebas Polusi Dekat Kawasan Industri

Jawaban atas masalah kita saat ini?

Kawasan industri memang menjadi bagian penting dalam kemajuan perekonomian suatu daerah. Tetapi, tidak dapat dipungkiri kalau aspek kesehatan dan keramahan lingkungan biasanya kurang diperhatikan di sekitar sana. 

Hunian di sekitar kawasan industri identik dengan hunian yang sumpek, penuh polusi dan kurang sehat, salah satunya disebabkan oleh aktivitas pabrik yang berlangsung terus menerus. Untuk itu, banyak orang merasa jengah untuk tinggal di kawasan industri, kecuali tentunya jika mereka kerja di sana. Kawasan Industri Cikarang misalnya. 

Namun semenjak dibangunnya Meikarta, nampaknya stereotip kawasan industri semacam itu tidak selamanya berlaku, lho! Pasalnya, Meikarta adalah sebuah konsep kota mandiri sehat di dekat Kawasan Industri Cikarang, Jawa Barat, yang jauh dari kesan sumpek dan berpolusi. 

Kota Meikarta dibangun dengan sangat cermat. Tak hanya memerhatikan mewahnya bentuk bangunan atau lengkapnya fasilitas saja, tetapi juga memerhatikan aspek lingkungan dan kesehatan para penghuni. Dalam pembangunan ini, Lippo Group sebagai pengembang yang telah berpengalaman selama 67 tahun menyadari bahwa manusia, meskipun telah hidup di jaman modern sekalipun tak dapat dilepaskan dari konsep alam. 

Meikarta, Kota Bebas Polusi Dekat Kawasan Industriliputan6.com

Nah, merujuk pada aspek ini, di dalam kota Meikarta dibangun taman seluas 100 hektar yang terdiri atas ruang terbuka hijau dan juga kebun binatang mini. Lippo Group menyadari bahwa manusia sangatlah membutuhkan interaksi sama alam dan juga sama makhluk lain. Interaksi seperti ini juga terbukti dapat mereduksi stres, lho.

Hingga tahun 2018 mendatang, di Meikarta juga akan dibangun 225.000 unit apartemen. Banyak sekali, ya? Namun tak perlu khawatir dengan sumpeknya kota seperti yang umumnya dibayangkan. Cara menata apartemen di Meikarta betul-betul diperhatikan sehingga penghuni akan merasa nyaman tinggal di sana, dan tidak merasa sumpek karena dihimpit oleh banyak gedung. 

Jadi, meskipun sangat dekat dengan salah satu kawasan industri terbesar, tetapi penghuni Meikarta tak perlu takut akan kualitas kehidupan yang tak sehat. Hidup sehat, stres tereduksi, dan dekat pula dengan kawasan industri yang notabene adalah roda penggerak perekonomian, tentunya membuat banyak orang sangat tertarik untuk segera menghuni Meikarta. Apakah kalian juga? 

Topik:

Berita Terkini Lainnya