Ucapan 'Lebaran Kuda' SBY: Demokrat dan Alumni HMI Saling Melapor ke Bareskrim

Kalau gini sampai 'lebaran kuda' juga gak bakal selesai?

Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Kamis (10/11) kemarin, Forum Silaturahmi Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lintas Generasi resmi melaporkan Presiden keenam Indonesia, Susiolo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Badan Resere Kriminal (Bareskrim) Polri. Laporan tersebut adalah lanjutan dari pidato SBY jelang unjuk rasa pada 4 November 2016 silam.

Dua hari sebelumnya, sebagai mantan Presiden, SBY tampil ke publik untuk memberikan pidato cinta damai. Namun, menurut Koordinator Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi, Mustaghfirien, dikutip dari Antaranews.com, pidato tersebut justru mengandung hasutan dan kebencian etnis tertentu.

Pernyataan SBY terkait Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang harus segera diadili menjadi penyulut amarah pada malam demo tersebut.

"Lebaran Kuda" yang menyulut emosi masa demonstran.

Ucapan 'Lebaran Kuda' SBY: Demokrat dan Alumni HMI Saling Melapor ke BareskrimYulius Satria Wijaya/ANTARA FOTO

Mustaghfirien melanjutkan, SBY seolah menyampaikan kepada rakyat Indonesia untuk tidak tertahan dengan satu orang dan sampai 'Lebaran Kuda' pun demo akan terus terjadi. Satu orang tersebut adalah Ahok. Pernyataan tersebut dianggap sangat politis, karena itulah SBY dianggap memprovokasi.

Selain itu, Sekretaris Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi, Adhel Setiawan pun menerangkan berkas laporan kepada Bareskrim. Dalam berkas tersebut, SBY dianggap melakukan tindak pidana penghasutan sesuai Pasal 160 KUHP juncto Pasal 16 UU No 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Baca Juga: Buka-Bukaan: Pihak SBY Akui Dokumen Asli TPF Kasus Munir Hilang

Ucapan 'Lebaran Kuda' SBY: Demokrat dan Alumni HMI Saling Melapor ke BareskrimReno Esnir/ANTARA FOTO

Pihaknya pun menyertakan bukti berupa video lengkap pidato SBY. Namun, berkas tersebut belum ditindaklanjuti secara resmi sebagai laporan polisi (LP). Menanggapi tindakan tersebut, pihak SBY pun tidak mau kalah dengan akan melapor balik Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi.

Pelapor dianggap membuat pengaduan palsu.

Ucapan 'Lebaran Kuda' SBY: Demokrat dan Alumni HMI Saling Melapor ke BareskrimYulius Satria Wijaya/ANTARA FOTO

Kompas.com memberitakan bahwa Partai Demokrat akan melaporkan tindakan Forum Silaturahmi Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lintas Generasi ke Bareskrim Polri pada Jumat (11/11). Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin menyebut kalau divisi hukum dan advokasi yang akan mengurus pelaporan balik ini.

Demokrat melaporkan dugaan pelanggaran Pasal 317 KUHP tentang Pengaduan dan Pemberitahuan Palsu. Pasal tersebut dapat menjerat pihak yang bersangkutan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara. Belum diketahui jam berapa akan dilakukan pelaporan terhadap Forum Silaturahmi Alumni HMI Lintas Generasi.

Ucapan 'Lebaran Kuda' SBY: Demokrat dan Alumni HMI Saling Melapor ke BareskrimReno Esnir/ANTARA FOTO

Alasan kelompok alumni HMI membuat laporan adalah karena dianggap adik-adik mereka yang menjadi korban dalam demo 4 November tersebut. Saat terjadi kericuhan, HMI dianggap sebagai pemicu hal tersebut.

Baca Juga: Dulu SBY Bilang Perwira TNI Jangan Bermimpi Jadi Gubernur, Tapi Sekarang Beda Ceritanya

Topik:

Berita Terkini Lainnya