Tiongkok Jadi Negara Pengguna Internet Terbesar, Gimana dengan Indonesia?

Hidup internet!

Sebuah lembaga survei penggunaan internet di dunia, Internet Live States merilis angka pengguna internet di berbagai negara. Dalam situs resminya, Internet Live States menobatkan Tiongkok sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak dalam skala global.

Tiongkok sendiri memang dikenal sebagai negara yang ketat dalam penggunaan internet dan media sosial. Bahkan lebih ketet dari Amerika Serikat maupun negara Eropa. Jumlah penduduk yang telah terhubung dengan internet mencapai lebih dari 700 juta orang per Juni 2016.

Pengguna internet di Tiongkok naik 2,2 persen per tahunnya.

Tiongkok Jadi Negara Pengguna Internet Terbesar, Gimana dengan Indonesia?internetlivestats.com

Dalam enam bulan pertama 2016, Tiongkok masih mencatatkan pertumbuhan dalam pengguna internetnya. Dengan jumlah penduduk lebih dari 1,3 miliar pada 2016 ini, pengguna internet mencapai lebih dari 52 persen. Lebih dari 720 juta penduduk online mengakses internet setiap harinya.

Hal ini juga menunjukkan kenaikan yang besar terjadi dari tahun 2015. Lebih dari 15 juta orang bertambah sebagai pengguna internet di Tiongkok. Ya, seperti dijelaskan sebelumnya, meskipun mereka cukup ketat dalam pengguna sosial media, tapi peminat masih banyak.

Angka ini pun diprediksi akan terus meningkat. Memang untuk memberikan akses internet kepada lebih dari 660 juta penduduk yang belum mendapat akses tidaklah mudah. Namun, kita pasti bertanya, jika Tiongkok sangat ketat dengan masuknya sosial media dari luar negaranya, bagaimana mereka bisa menempati puncak daftar pengguna internet?

Pemerintah berikan pengganti yang dianggap setara.

Tiongkok Jadi Negara Pengguna Internet Terbesar, Gimana dengan Indonesia?faceiraq.com

Salah satu sosial media yang terkenal adalah Weibo. Situs ini dikatakan sebagai gabungan antara Facebook dan Twitter. Dalam Weibo, pengguna disebut melakukan kegiatan microblogging. Sebutan ini dimaksudkan pengguna yang bisa membuat status atau cerita dalam 140 karakter.

Kemudian, Weibo juga memungkinkan pengguna mengunggah foto dan berdiskusi terkait hal tersebut. Nah, sampai tahun 2016, ada lebih dari 100 juta pengguna harian dalam jejaring sosial ini. Sosial media ini juga tersedia dalam bahasa Mandarin.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu: Ini 8 Trik Ampuh Mempercepat Koneksi Internet!

Masyarakat pun lebih merasa dimengerti ketika sosial media sesuai dengan apa yang mereka pahami. Weibo sendiri diluncurkan pada 2009. Dengan kekuatan sosial media yang kuat, tidak heran Tiongkok ada di puncak 'klasemen'. Kemudian, bagaimana dengan Indonesia?

Indonesia tidak dalam 10 besar pengguna internet dunia.

Tiongkok Jadi Negara Pengguna Internet Terbesar, Gimana dengan Indonesia?internetlivestats.com

Menurut data Internet Live States, Indonesia ada di ranking 12. Ya, tidak terlalu buruk, karena angka ini juga naik dari tahun 2015. Indonesia sendiri dihitung mengalami peningkatan pengguna sebesar 6,5 persen dari 2015. Dengan kata lain, hampir 54 juta orang Indonesia punya akses internet.

Tiongkok Jadi Negara Pengguna Internet Terbesar, Gimana dengan Indonesia?mmbiztoday.com

Dari 260 juta penduduk Indonesia, masih ada lebih dari 207 juta warga yang tidak melek internet. Pengguna internet Indonesia pun terfokus pada sosial media. Pengakses pun menggunakan perangkat ponsel sebagai medianya. Sama seperti Tiongkok, pengguna internet di Indonesia akan semakin bertambah dari tahun ke tahun.

Nah, kamu pasti satu salah pengguna internet aktif. Namun, ingat, pakai internet dengan bijak ya!

Baca Juga: Internet Indonesia Lebih Cepat Dari Korea, Percaya Gak?

Topik:

Berita Terkini Lainnya