Soal Ajakan Merokok di Kokpit, Lion Air Akan Panggil Sang Pilot

Proses pendalaman sedang berlangsung

Kamis (2/1) kemarin, publik dibuat heboh dengan kabar yang menerpa maskapai dalam negeri, Lion Air. Seorang penumpang wanita berinisial AR (20), mengeluhkan perilaku pilot dan kru pesawat tersebut. Sang pilot, kata AR, mengajaknya untuk merokok di ruang kendali atau kokpit. Dia pun sempat mengadukan hal tersebut kepada pusat pelayanan Lion Air di Bandara. Namun, keluhannya tak digubris. Dia pun melaporkannya kepada petugas pengamanan di sana. Saat dikonfirmasi tentang kejadian tersebut, manajemen Lion Air mengaku akan melakukan pendalaman. 

AR diajak merokok dalam kokpit.

Soal Ajakan Merokok di Kokpit, Lion Air Akan Panggil Sang Pilotbloomberg.com

Dalam konferensi pers yang digelarnya di Denpasar, Bali kemarin, AR mengatakan bahwa awalnya salah satu kru pesawat pun mendatanginya. Sang pramugara meminta untuk berpindah tempat duduk lebih mendekat ke kokpit. Tak lama setelah itu, AR diminta masuk ke kokpit. Sang pramugara bahkan meminta agar AR masuk ke kokpit atas permintaan pilot. Dia beralasan bahwa sang pilot dengan nomor penerbangan JT745 itu kenal dengan dirinya. 

Namun, muncul keanehan saat AR tiba-tiba ditanya apakah merokok atau tidak. AR yang kebingungan pun bertanya apakah diizinkan merokok dalam pesawat. Secara mengejutkan sang pramugara mengiyakan hal tersebut.

AR pun penasaran dan mengikuti langkah pramugara ke dalam kokpit. Saat berada di dalam, AR mengaku tidak mengenali sang kapten ataupun pilot satu lagi. AR menyebut kalau kedua pilot tertawa usai dirinya mengaku tidak kenali mereka. Pramugara langsung menyela dengan berkata,

'Ya sudah kenalan sekarang saja. Namanya juga cowok'.

Sudah ada asap dalam kokpit.

Soal Ajakan Merokok di Kokpit, Lion Air Akan Panggil Sang PilotAloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO

AR menambahkan, secara jelas dirinya melihat rokok dan mencium asap dalam kokpit. Kedua pilot pun sudah memegang rokok masing-masing. Sang pilot pun kembali menawarkan rokok pada AR.

Baca Juga: 11 Trik Beli Tiket Murah yang Selama Ini Disembunyikan Maskapai Penerbangan

AR coba laporkan tindakan tersebut.

Soal Ajakan Merokok di Kokpit, Lion Air Akan Panggil Sang Pilote-spaces.eu

Tiba di Bali, AR pun langsung melaporkan hal tersebut pada Lion Air Center. Namun, tidak mendapat respon. Hal serupa juga terjadi ketika menuju otoritas bandara Ngurah Rai. AR mengaku bahwa pihak otoritas sempat mempertemukan dirinya dengan ketiga pelaku. Namun, tidak ada kelanjutan sampai pada 31 Januari kemarin. Alhasil, dirinya pun melapor ke Polsek.

Lion Air belum tahu hukuman apa yang akan dijatuhkan.

Soal Ajakan Merokok di Kokpit, Lion Air Akan Panggil Sang PilotCun Cahya via suaramerdeka.com

Juru bicara Lion Air, Andy Saladin pun mengiyakan kejadian tersebut. Andy menyebut kalau pihak Lion Air sedang melakukan pendalaman secara internal dan bersama Kementerian Perhubungan. "Tentu akan dipanggil untuk didalami. Kami saat ini sedang menunggu hasil penyelidikan dari Kementerian Perhubungan," kata Andy saat dihubungi IDN Times, Jumat (3/1). Namun, ketika ditanya soal sanksi yang dijatuhkan, Andy belum bisa mengonfirmasi hukuman seperti apa.

Kami gak bisa komentar lebih banyak karena sedang berjalannya pendalaman team kemenhub

Sampai saat ini, belum diketahui siapa pilot serta pramugara yang menjadi pelaku. Pihak Lion Air pun mengaku segala informasi akan dibahas dengan pihak Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Seperti Inilah Perjalanan "Pup" Manusia Kalau Kamu BAB di Toilet Pesawat

Topik:

Berita Terkini Lainnya