Mau Jadi PNS? Pastikan Kamu Penuhi Syarat Ini!

Yakin bisa?

Seleksi dengan ketat akan dilakukan dalam pemilihan Pegawai Negeri Sipil atau Aparatur Sipil Negara pada 2016 ini. Calon PNS akan diseleksi dengan dua hal yang paling 'utama'. Seleksi tersebut diusulkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Asman Abnur. Asman ingin mengubah negeri ini, maka aparatur sipil negara itu harus lebih dulu berubah.

Asman melanjutkan kalau Kementerian kini memprioritaskan lulusan perguruan tinggi yang memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) tinggi. Seperti dikutip dari Kompas.com, bukan hanya IPK tinggi, atlet berprestasi juga akan diterima sebagai PNS.

PNS tidak boleh punya kualitas yang rendah.

Mau Jadi PNS? Pastikan Kamu Penuhi Syarat Ini!qerja.com

Kebijakan Asman ini merupakan yang pertama sejak menggantikan Yuddy Chrisnandi, Juli silam. Menurut Asman, para lulusan dengan IPK tinggi atau cum laude merupakan pihak yang akan mengubah negeri ini. Kemudian, untuk para atlet yang berprestasi dan meriah medali emas dalam kejuaraan nasional maupun dunia pun dianggap dapat mengubah negeri ini.

Selain itu, alasan pemilihan atlet tersebut adalah ingin memberikan masa depan yang layak pada atlet melalui jaminan dari negara. Selain itu, langkah ini akan didukung dengan program dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) agar PNS tidak hanya memiliki kemampuan administratif, tapi punya pendidikan khusus yang membentuk keahlian.

Baca Juga:

Asman tidak ingin lagi PNS kuualitas rendah dipilih dan melayani rakyat. Karena pada akhirnya, menurut Asman PNS atau ASN akan menjadi pelayan masyarakat dan harus memiliki sikap yang baik, ramah dan tepat sasaran.

Presiden ingin para PNS melayani rakyat dengan sungguh-sungguh.

Mau Jadi PNS? Pastikan Kamu Penuhi Syarat Ini!truepapua.com

Asman menambahkan kalau program-program selama ini adalah usulan Presiden Joko Widodo/Jokowi. Asman mengatakan kalau pelayanan terhadap masyarakat saat ini harus segera dirombak dan berpihak kepada rakyat sendiri. Sebelum melantik PNS, Asman dipersan khusus oleh Jokowi untuk memperbaiki pelayanan publik karena hal tersebut adalah hak rakyat.

Selain itu, PNS juga bukan diurus, justru mengurus rakyat dengan benar. Jokowi ingin memaksimalkan pelayanan publik, maka tidak boleh ada pelayanan yang buruk dan mengecewakan rakyat.

Nah, apakah kamu ingin jadi PNS? Punya kriteria yang ingin Menteri PAN-RB?

Baca Juga: 9 Suka Duka Ini Cuma Dimengerti oleh Kamu yang Setia Sama Pacar PNS

Topik:

Berita Terkini Lainnya