Kunjungan Djarot ke Lokasi Kebakaran Pasar Senen Dianggap Berbau Kampanye

Selain itu juga dianggap politisasi bencana...

Kebakaran besar melanda Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (19/1) kemarin. Kebakaran yang menghanguskan bangunan dan isi Pasar Senen itu pun menarik perhatian banyak orang. Tidak terkecuali pada Calon Gubernur DKI Jakarta 2017. Masing-masing dari ketiga calon pun mengungkapkan keprihatinannya.

Calon Wakil Gubernur petahana, Djarot Saiful Hidayat pun melakukan hal lain, yakni mengunjungi Pasar Senen. Dikutip dari Okezone.com, Djarot sempat mendatangi Blok I dan II Pasar Senen. Kedatangannya pun dibarengi dengan baju khas ala kampanye Ahok-Djarot, kotak-kotak. Justru kedatangannya dikritik. Mengapa?

Djarot dianggap lakukan politisasi bencana.

Kunjungan Djarot ke Lokasi Kebakaran Pasar Senen Dianggap Berbau KampanyeFakhri Hermansyah/ANTARA FOTO

Ketua Presidium Perhimpunan Masyarakat Madani (Prima) Sya'roni menganggap kedatangan Djarot sangat janggal. Kejanggalannya adalah pakaian yang dipakai oleh Djarot. Sya'roni beranggapan kalau pakaian tersebut adalah untuk kampanye.

Maka, tidak heran Sya'roni menganggapnya sebagai kegiatan terselubung dari Djarot. Sya'roni menambahkan kalau Djarot memang harusnya hadir, karena status Wakil Gubernur non-aktif, tapi tidak perlu mengenakan baju kotak-kotak khas kampanyenya.

Meski begitu, Djarot dianggap juga percuma menuju lokasi karena tidak akan memberi manfaat bagi proses pemadaman saat itu. Djarot tidak bisa memberikan instruksi kepada aparat pemadam kebakaran atau SKPD lain.

Baca Juga: Apa Sebenarnya "Alexis" Hingga Jadi Perdebatan Anies dan Ahok?

Cagub lain ungkapkan kesedihan.

Kunjungan Djarot ke Lokasi Kebakaran Pasar Senen Dianggap Berbau KampanyeWahyu Putro A/ANTARA FOTO

Dilansir Republika.co.id, Calon Gubernur nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sedih atas kejadian tersebut. Terlebih, kebakaran bukanlah yang pertama. Agus pun menyebut harus ada investigasi secara tuntas terkait penyebab kebakaran.

Agus pun berharap kebakaran tidak akan terulang lagi. Penderitaan masyarakat yang menjadi korban kebakaran menjadi perhatian Agus. Selain itu, Calon nomor tiga, Anies Baswedan kepada Liputan6.com, ikut merasa sedih. Anies prihatin terhadap musibah yang menimpa para penjual di Pasar Senen, kerugiaan yang mereka harus tanggung juga.

Kunjungan Djarot ke Lokasi Kebakaran Pasar Senen Dianggap Berbau KampanyeMuhammad Adimaja / ANTARA FOTO

Alhasil, Anies pun menjelaskan rencananya bila terpilih jadi Gubernur Jakarta. Anies akan merevitalisasi pasar dan mengevaluasi kembali instalasi listrik yang terpasang. Kemudian Anies pun menjanjikan upgrade kawasan Pasar Senen. Intinya Anies inginkan pembangunan yang lebih baik nantinya.

Kunjungan Djarot ke Lokasi Kebakaran Pasar Senen Dianggap Berbau KampanyeWidodo S Jusuf/ANTARA FOTO

Seperti diberitakan sebelumnya, blok III dan blok I Pasar Senen mengalami kebakaran hebat sejak 04.15 WIB Kamis. Menurut Kepala Polres Jakarta Pusat Komisaris Besar Polisi Dwiyono, setidaknya 500 kios di kedua blok Pasar Senen terbakar. Namun, belum ada laporan korban luka atau korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Baca Juga: Ini Caranya Biar Kamu Bisa Sumbang Pertanyaan dalam Debat Cagub!

Topik:

Berita Terkini Lainnya