Ketika Jokowi Menyebut 212 Sebagai Doa Bersama, Ahmad Dhani: Kalau Doa, Saya Doa di Rumah Saja

Doa Bersama atau Demo nih?

Sejak Jumat (2/12) pagi, massa aksi damai dan doa bersama "212" telah memenuhi DKI Jakarta. Terutama kawasan Monumen Nasional (Monas) telah diisi oleh para massa yang mengikuti doa bersama. Aksi ini telah berlangsung sejak pukul 09.00 WIB sampai siang nanti sebelum Salat Jumat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), kepada Kompas.com, meminta media untuk tidak menyebar isu yang tidak-tidak. Jokowi menegaskan kalau aksi 212 bukanlah unjuk rasa, tapi doa bersama yang telah disepakati antara Polri dan elemen masyarakat, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI).

Ketika Jokowi Menyebut 212 Sebagai Doa Bersama, Ahmad Dhani: Kalau Doa, Saya Doa di Rumah SajaYudhi Mahatma/ANTARA FOTO

Jokowi menampik adanya isu demo besar-besaran sebagai lanjutan dari Demo 4 November silam. Jokowi terus menyebut kalau aksi tersebut hanyalah kegiatan doa bersama. Namun, aksi ini juga termasuk Aksi Bela Islam jilid III untuk menuntut kepolisian segera memenjarakan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang jadi tersangka penistaan agama.

Komitmen untuk doa bersama.

Ketika Jokowi Menyebut 212 Sebagai Doa Bersama, Ahmad Dhani: Kalau Doa, Saya Doa di Rumah SajaM Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Komitmen yang terjalin antara Polri dan GNPF MUI pun sudah menyebut aksi ini sebagai doa bersama. Polisi juga telah menyiapkan Jalan Merdeka Selatan jika massa tidak tertampung di Monas. Kapolri, Tito Karnavian pun menyebut kalau pihaknya telah mengatur hal-hal teknis pengamanan dengan mengutamakan keselamatan peserta doa bersama 212.

Polisi telah siapkan panggung untuk dzikir, tempat duduk, toilet dan alat pengeras suara. Tagar #AksiSuperDamai pun telah bertebaran di sosial media karena diinginkan proses yang aman dan tenang bagi masyarakat Jakarta.

"Kami berharap kegiatan dapat berlangsung tertib, super-damai," kata Kapolri. Akan tetapi, ada pihak yang tetap menyebut kalau Doa Bersama ini adalah Demo.

Baca Juga: Selain Ratna Sarumpaet, Apakah Ahmad Dhani juga Ditahan atas Dugaan Makar?

Ahmad Dhani berpikiran yang berbeda.

Ketika Jokowi Menyebut 212 Sebagai Doa Bersama, Ahmad Dhani: Kalau Doa, Saya Doa di Rumah Sajatwitter.com/AHMADDHANIPRAST

Cuitan di atas dibuat oleh Dhani pada 29 November 2016 kemarin.

Ada yg bilang 212 itu bukan DEMO tapi DOA Bersama.. ?? klo DOA, sy Doa di rumah saja - ADP

Berbanding terbalik dengan pernyataan Presiden, Ahmad Dhani justru seolah mencoba mengartikan aksi 212 sebagai bentuk Demo. Bukan Doa Bersama yang selalu ditekankan berbagai pihak. Bahkan Dhani menyebut 'Kalau Doa, saya Doa di rumah saja'. Jadi mana yang benar? Pernyataan Presiden atau Ahmad Dhani ya?

Sampai saat ini Aksi Doa Bersama 2 Desember masih berlangsung di Monas.

Baca Juga: Demi Pedagang Kaki Lima, Djarot Dukung Aksi 212

Topik:

Berita Terkini Lainnya