Jokowi ke Cagub DKI: "Diabsen Dulu"

Yuk diabsen dulu siapa yang hadir

Persaingan Gubernur DKI Jakarta memang selalu menarik untuk disaksikan. Nah, debat jadi salah satu cara mereka bersaing untuk menarik hati para warga DKI Jakarta. Akan tetapi, dalam dua kali debat Cagub DKI, pasangan nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylvi Murni diketahui tidak hadir. Ketidakhadiran mereka pun sempat jadi perbincangan netizen.

Nampaknya, hal tersebut juga menarik perhatian mantan Gubernur Jakarta dan Presiden Indonesia, Joko Widodo. Pada peringatan ketujuh wafatnya Presiden keempat, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Dalam acara haul pada 23 Desember 2016 kemarin, Jokowi tiba-tiba mengawali pidatonya di rumah Gus Dur, Jalan Ciganjur, Jakarta Selatan, dengan 'mengabsen' kehadiran para Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Jokowi bercanda, tapi Agus disebut-sebut tersinggung.

Jokowi ke Cagub DKI: Diabsen DuluRahmad/ANTARA FOTO

Dikutip dari Kompas.com, dalam acara bertema 'Mengaji GusDur: Menebar Damai Menuai Rahmat', para pasangan calon ini hadir. Calon nomor 3, hanya Anies Baswedan yang hadir paling pertama. Namun, Anies hadir tanpa pasangannya, Sandiaga Uno. Lalu, pasangan Basuki Tjahaja Purnama/Ahok dan Djarot Saiful Hidayat pun hadir kedua. Terakhir adalah pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylvi Murni.

Kehadiran ketiganya pun membuat Jokowi melakukan 'absen'. Tidak tahu apa maksud Jokowi, tapi berikut pertanyaannya yang sempat membuat heboh acara ini.

Baca juga: Meme-meme Lucu Ini Sindir Agus yang Tak Ikut Debat Cagub

Di absen dulu. Yang penting kita nampak di absen. Silahkan berdiri.

Usai pernyataan Jokowi pun para calon Gubernur dan Wakilnya berdiri dan melambai ke arah para warga yang hadir. Namun, sebelum berdiri, kamera perekam sempat menyorot wajah Agus yang tampak tersenyum kecil. Alhasil, netizen pun menyebut Agus tersinggung dengan pernyataan Jokowi. Malu, lebih tepatnya.

"Agus berdiri sambil nyengar nyengir ketika diabsen berdiri brsma, sambil tersenyum gak sadar ky nya dia dah disindir," kata netizen dengan akun Anggiat Nainggolan. Sementara itu, akun Edmond Appoy pun melontarkan sindirannya. "Muka agus pucat kringat dingin hhhhhh."

Jokowi ke Cagub DKI: Diabsen Dulufacebook.com/Greater.Indonesia

Namun, ada pula netizen yang membantah aksi 'menyinggung' dari Jokowi ini. "Kenapa harus ngebuli Balon No.1 ya? Apakah dia sudah merugikan Rakyat Indonesia? Soal Debat kan belum resmi , nanti resminya kan januari ini dari KPU. Saya harap Pak Jokowi tidak berat sebelah juga, sampaikan sesuatu dengan bijaksana jgn sampai hal itu memojokan bakal calon yang lain," kata akun Indra Widjaya.

Agus memang tidak hadir dalam debat Cagub DKI.

Jokowi ke Cagub DKI: Diabsen DuluM Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Dua kali, Agus dan Sylvi tidak hadir dalam debat yang dibuat oleh stasiun televisi nasional. Seperti acara-acara debat lainnya, para Cagub melakukan debat program yang mereka usung jika terpilih nanti. Ketidakhadirannya ini pun membuat Agus sempat angkat bicara. Agus menganggap, undangan debat di luar agenda resmi, dari KPU, tidak wajib dihadiri.

Agus menyebut lebih memilih mendengar keluhan warga dibanding datang ke debat yang diselenggarakan oleh stasiun televisi. Debat antarcagub-cawagub akan digelar tiga kali dan disiarkan beberapa stasiun televisi. Debat akan dilakukan pada 13 dan 27 Januari 2017, serta 10 Februari 2017.

Baca juga: Dibully Netizen Karena "Rumah Terapung", Ini Penjelasan Agus Yudhoyono

Topik:

Berita Terkini Lainnya