Mengenal "3 Finalis" Penjaringan Cagub Jakarta yang Diusung Partai Gerindra

Yusril, Sandiaga dan Sjafrie siap berlomba

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) telah memilih tiga peserta yang akan masuk babak akhir penjaringan bakal calon Gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2017 mendatang. Ketiga calon tersebut adalah mantan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, Wakil Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra Sandiaga Uno dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra.

Lantas apa saja yang menjadi tolak ukur Gerindra untuk memastikan ketiganya akan diseleksi lebih lanjut?

1. Siapa itu Sjafrie Sjamsoeddin?

Mengenal 3 Finalis Penjaringan Cagub Jakarta yang Diusung Partai GerindraSumber Gambar: beritasatu.com

Mungkin nama itu asing di telinga kita, begitu juga posisi menteri yang diemban. Sjafrie menjadi satu-satunya Wakil Menteri Pertahanan RI. Dirinya menjabat dari 2010 sampai 2014 di bawah pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

2. Sjafrie juga dikenal dekat dengan Prabowo.

Mengenal 3 Finalis Penjaringan Cagub Jakarta yang Diusung Partai GerindraSumber Gambar: jurnalpatrolinews.com

Sebelum menjabat sebagai wakil menteri, Sjafrie adalah Kepala Pusat Penerbangan (Kasuspen) TNI dari 2002 sampai 2005. Dirinya pun merupakan anggota TNI pada tahun 1998, hal itu membuat kedekatannya dengan Prabowo, yang juga mantan anggota TNI, tidak bisa disangkal lagi.

3. Bagaimana dengan Sandiaga Uno?

Mengenal 3 Finalis Penjaringan Cagub Jakarta yang Diusung Partai GerindraSumber Gambar: silaturahim.co.id

Sandiaga merupakan pengusaha yang sudah sering berbagai ilmu entrepreneurship-nya kepada para pengusaha muda. Dirinya juga merupakan pendiri PT Saratoga Investama Sedaya yang bergerak di bidang pertambangan, telekomunikasi dan produk kehutanan. Pada 2011, Sandiaga pun masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

Selain itu Sandiaga pun sempat menjabat Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia dari 2005 sampai 2008.

Baca Juga: Ini Daftar Kandidat yang Bakal Melawan Ahok di Pilkada DKI 2017!

4. Fokus ke Gerindra.

Mengenal 3 Finalis Penjaringan Cagub Jakarta yang Diusung Partai GerindraSumber Gambar: says.com

2015, Sandiaga mengundurkan diri dari perusahaan yang dibangunnya sendiri dan fokus dengan Gerindra. Sandiaga, seperti dilansir detik.com, dipercaya Prabowo untuk menciptakan semangat pemuda dalam partai. Kemudian, Sandiaga sendiri juga ingin membentuk kebijakan kondusif untuk perekonomian Indonesia.

5. Siapa yang tidak kenal Yusril Ihza Mahendra?

Mengenal 3 Finalis Penjaringan Cagub Jakarta yang Diusung Partai GerindraSumber Gambar: m.harianindo.com

Yusril sudah menjabat sebagai tiga menteri berbeda di tiga presiden RI berbeda. Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia (1999-2001) di bawah Gus Dur, kemudian Menteri Hukum dan Perundang-undangan (2001-2004) saat pemerintahan Megawati, serta Menteri Sekretaris Negara (2004-2007) dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I SBY. Pengalamannya dalam pemerintahan yang cukup lama membuat Gerindra tertarik untuk menjadikannya Cagub dari partai berlambang Garud itu.

6. Elektabilitas tinggi Yusril.

Mengenal 3 Finalis Penjaringan Cagub Jakarta yang Diusung Partai GerindraSumber Gambar: news.detik.com

Dibanding dua peserta lainnya, seperti dikutip dari kompas.com, Yusril memiliki elektabilitas yang tertinggi. Dirinya terus mendempet Ahok dan Ahmad Dhani, berdasarkan survei Populi Center. Hal ini membuat Yusril juga dianggap mumpuni untuk memimpin Jakarta, menurut pengamat politik dari Charta Politika, Yunarto Wijaya.

7. Ketiganya dianggap berpeluang.

Mengenal 3 Finalis Penjaringan Cagub Jakarta yang Diusung Partai GerindraSumber Gambar: berbagai sumber

Menurut ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Mohamad Taufik mengatakan bahwa ketiga calon tersebut dianggap yang siap dan menunjukkan chemistry dengan Gerindra.

Sjafrie, Sandiaga dan Yusril akan direkomendasikan ke DPP Gerindra, kemudian hasil akhirnya akan berdasarkan pilihan Ketua Umum Prabowo Subianto. Siapa menurut kalian yang lebih cocok?

Baca Juga: Siapa yang Kira-kira Bisa Menggantikan Ahok Sebagai Gubernur DKI Jakarta?

Topik:

Berita Terkini Lainnya