Ini Caranya Biar Kamu Bisa Sumbang Pertanyaan dalam Debat Cagub!

Mumpung debat kedua belum dapat temanya!

Masyarakat Indonesia sebagai negara demokrasi tentunya mendapat hak untuk menyuarakan pemikirannya. Nah hal tersebut pun diwujudkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta. Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, kepada Kompas.com, menyebut kalau masyarakat kini bisa mengusulkan daftar pertanyaan kepada KPUD untuk debat publik pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta.

Bahkan, masyarakat pun bisa merekomendasikan moderator serta panelis dari debat terbuka. Sumarno menambahkan kalau nantinya KPUD akan mengkaji pertanyaan-pertanyaan yang diusulkan. Apabila pertanyaan relevan dan masuk akal, maka akan dimasukkan dalam daftar pertanyaan untuk para paslon saat debat.

Tinggal kirim surat atau surel 14 hari sebelum pelaksanaan debat.

Ini Caranya Biar Kamu Bisa Sumbang Pertanyaan dalam Debat Cagub!Widodo S Jusuf/ANTARA FOTO

Sumarno kemudian menjelaskan mekanisme pengiriman pertanyaan. Usulan-usulan dari masyarakat dapat dikirimkan melalui surat ke kantor KPU DKI Jakarta. Alamat kantornya adalah Jalan Salemba Raya Nomor 15, Paseban, Senen, Jakarta Pusat. Namun, Sumarno menyebut usulan dapat kirim melalui surat tertulis atau e-mail ke hupmaskpudki@gmail.com.

Namun, waktu pertanyaan harus dikirim 14 hari sebelum pelaksanaan debat. Nah, kamu tertarik? Mumpung debat tema kedua dan ketiga belum ditentukan lho.

Baca Juga: Catat! Ketiga Pasang Cagub-Cawagub Janji Tak Akan Maju dalam Pilpres 2019

Tema debat kedua masih dikaji.

Ini Caranya Biar Kamu Bisa Sumbang Pertanyaan dalam Debat Cagub!M Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Debat terbuka tahap II paslon Gubernur dan Wakil Gubenur DKI Jakarta akan dilaksanakan Jumat mendatang, 27 januari 2017. Akan tetapi, dikutip dari Okezone.com, KPU DKI Jakarta sendiri belum menentukan tema, moderator, panelis dan bahkan lokasi. Sumarno mengaku hari ini, Rabu (18/1) akan dilakukan rapat yang akan memakan waktu satu sampai dua hari.

Selain itu, Sumarno pun masih belum bisa membocorkan moderator maupun empat panelis baru. Namun, Sumarno sempat menyebut kalau moderator adalah seorang presenter televisi. Tidak jelas apakah pria atau wanita. Kemudian terkait panelis akan tetap empat orang.

Ini Caranya Biar Kamu Bisa Sumbang Pertanyaan dalam Debat Cagub!M Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Debat kedua dan ketiga akan berlangsung 27 Januari serta 10 Februari 2017. Sementara itu, Sumarno mengaku pihak akan akan membatasi pendukung masing-masing calon, dengan jumlah maksimal 100 orang.

Baca Juga: Ini Rapor Ketiga Cagub-Cawagub DKI Jakarta dalam Debat Semalam

Topik:

Berita Terkini Lainnya