Debat Pilkada DKI Akan Dipimpin oleh Jurnalis dan Akademisi, Ini Sosoknya!

KPUD menilai keduanya tidak terafiliasi dengan pasangan manapun

Jumat (27/1) nanti, debat resmi kedua akan diselenggarkan KPU DKI Jakarta. Ketiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan kembali dipertemukan dalam tema debat, "Kesenjangan Sosial". Ketua KPU DKI Sumarno kepada Liputan6.com, menyebut bahwa pihaknya telah mempersiapkan dua moderator. Dua moderator tersebut merupakan akademisi dan presenter. Paduan ini dianggap lebih menarik ketimbang debat pertama. Siapa kira-kira yang jadi moderator Jumat nanti?

Presenter dan akademisi siap mengorek para paslon.

Debat Pilkada DKI Akan Dipimpin oleh Jurnalis dan Akademisi, Ini Sosoknya!M Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Sumarno mengatakan bahwa moderator yang berasal dari akademisi adalah Profesor Eko Prasodjo. Sedangkan presenter yang dimaksudkannya adalah jurnalis dari salah satu stasiun televisi swasta, Tina Talisa. Menurut Sumarno, dua moderator akan membuat pendalaman materi lebih baik. KPU DKI pun meminta para moderator untuk mendalami pertanyaan yang telah disusun para panelis. Sumarno berfokus pada pengalaman Eko sebagai akademisi.

Kedua moderator kali ini pun disebut orang yang netral. Proses pemilihan juga telah melalui seleksi ketat agar moderator tidak memiliki afiliasi atau dukungan kepada salah satu paslon. Namun, siapakah dua moderator ini sebenarnya?

Baca Juga: Ini Rapor Ketiga Cagub-Cawagub DKI Jakarta dalam Debat Pertama

Tina Talisa berpengalaman dalam bidang jurnalis.

Debat Pilkada DKI Akan Dipimpin oleh Jurnalis dan Akademisi, Ini Sosoknya!okezone.com

Dilansir Kompas.com, Tina Talisa merupakan jurnalis yang telah menjadi presenter di beberapa stasiun televisi. Wanita 37 tahun ini adalah finalis Puteri Indonesia 2003 dan juara 1 Mojang Jawa Barat 2003. Dunia broadcasting menjadi lahannya mencari nafkah yang dimulai dari Radio. Sebelum masuk dunia jurnalistik, Tina adalah seorang Dokter Gigi. Dirinya pun lulusan Universitas Padjajaran.

Profesor Eko Prasodjo sempat jadi menteri!

Debat Pilkada DKI Akan Dipimpin oleh Jurnalis dan Akademisi, Ini Sosoknya!ekoprasojo.com

Tandem Tina adalah Guru Besar Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Indonesia. Uniknya, Eko Prasodjo juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Jabatan tersebut diemban pada tahun 2011 sampai 2014, tepatnya pada masa pemerintahan SBY. Eko dikenal sebagai pengamat dalam bidang kebijakan publik untuk mendorong reformasi birokrasi berbasis IT.

Nah, KPU DKI juga akan tetap memasang empat panelis dalam perumusan pertanyaan debat. Anggota KPU DKI Betty Idroos menyebut kalau setiap debatnya akan terus diubah moderator dan panelisnya. Hal tersebut agar membuat debat lebih menarik.

Debat kedua akan kembali berlangsung di Hotel Bidakara Jakarta Selatan. Kembali stasiun televisi nasional akan menayangkan debat. Bagaimana tanggapanmu terkait kedua moderatornya?

Baca Juga: Ini Caranya Biar Kamu Bisa Sumbang Pertanyaan dalam Debat Cagub!

Topik:

Berita Terkini Lainnya