Cegah Kecelakaan Lalu Lintas Saat Mudik, Ini yang Dilakukan Menteri Jonan!

Setiap kendaraan harus memenuhi persyaratan yang diajukan

Kementerian Perhubungan mengupayakan langkah tanpa kecelakaan selama arus mudik lebaran tahun ini. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sendiri menyebutnya sebagai zero accident, karena mudik telah menjadi ritual tahunan masyarakat. Langkah utama yang diambil Jonan adalah uji kelayakan dan kesiapan sarana transportasi yang tersedia untuk masyarakat, antara lain pesawat udara, kapal laut, bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan lokomotif serta kereta penumpang.

Jonan sudah mulai inspeksi terhadap moda transportasi.

Cegah Kecelakaan Lalu Lintas Saat Mudik, Ini yang Dilakukan Menteri Jonan!beritadaerah.co.id

Seperti dilansir kompas.com, Jonan mengakui semenjak 5 Juni kemarin, inspektur-inspektur Kementerian Perhubungan telah mulai memeriksa moda transportasi yang disediakan. Ada 529 pesawat udara, 400 kapal penumpang dan feri, 400 lokomotif dan 45.000-an Bus AKAP yang harus diperiksa. Jonan berkeinginan masyarakat merasa nyaman dan aman selama perjalanan untuk bersilahturahmi dengan keluarga.

Baca Juga: Persiapkan 7 Hal Ini Supaya Mudikmu Lancar Jaya Tanpa Gangguan

Terdapat lima syarat yang harus dipenuhi moda transportasi.

Cegah Kecelakaan Lalu Lintas Saat Mudik, Ini yang Dilakukan Menteri Jonan!kompas.com

Mantan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia itu pun mengatakan khusus di daerah Jawa, bus AKAP harus memenuhi lima persyaratan. Persyaratan tersebut dikhususkan pada bagian-bagian pada kendaraannya, antara lain speedometer dan rem tangan yang berfungsi. Kemudian kaca yang utuh atau tidak pecah, ketersediaan sabuk pengaman untuk pengemudi dan ban bus AKAP yang harus baru atau tidak boleh gundul.

Jonan menjelaskan bahwa hal tersebut adalah tantangan para perusahaan bus untuk menyediakan kemananan dan kenyamanan bagi masyarakat. Jika tidak memenuhi lima poin tersebut, maka kendaraan tidak boleh digunakan dan harus dibenahi terlebih dahulu.

Agar mengetahui transportasi yang telah diperiksa dan layak jalan, Kemenhub akan ditempelkan logo khusus kementerian.

Jonan juga ingatkan para pengguna kendaraan pribadi.

Cegah Kecelakaan Lalu Lintas Saat Mudik, Ini yang Dilakukan Menteri Jonan!beritatrans.com

Bukan hanya mementingkan arus mudik dari pengguna transportasi umum. Jonan pun mengingatkan kepada para pengguna kendaraan pribadi agar berhati-hati. Kemudian, apabila merasa lelah sebaiknya beristirahat. Dirinya juga menghimbau pengguna jalan agar mematuhi rambu dan ketentuan yang ada.

Seperti dikutip dari tempo.co, PT Jasa Marga memprediksikan arus kendaraan saat mudik Lebaran 2016 ini akan bertambah lima sampai enam persen. Kemudian, Direktur Utama Jasa Marga, Adityawarman pun mengatakan puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran, yang jatuh tepat pada hari Sabtu dan Minggu.

Baca Juga: Mau Mudik Aman dan Nyaman? Coba Deh Terapkan 7 Jurus Ini!

Topik:

Berita Terkini Lainnya