Anak Indonesia Ini Menang Lomba di Italia, Kamu Akan Dibuat Merinding Dengan Nyanyian Mereka!

Membanggakan!

Kabar membanggakan dari tanah Eropa. Paduan suara anak Indonesia The Resonanz Children's Choir (TRCC) mengikuti sebuah lomba seni tarik suara di Venezia, Italia. TRCC mengikuti Claudio Monteverdi International Choral Festival dan Competition, seperti yang dilansir kompas.com, dilaksanakan pada 7 sampai 10 Juli 2016.

TRCC berkompetisi dalam kategori Children and Youth Choir. Hal tersebut diungkapkan project manager TRCC Dani Dumadi, yang juga mengaku TRCC membawakan dua lagu dalam final pada Sabtu (9/7).

Yamko Rambe Yamko dan Tancnota bawa TRCC juara.

Anak Indonesia Ini Menang Lomba di Italia, Kamu Akan Dibuat Merinding Dengan Nyanyian Mereka!youtube.com/channel/UC8kJ8Qtk8irzTqFdPrlJSzQ

Aksi TRCC di Italia pertama kali diketahui oleh unggahan video di akun facebook Metta Dharmasaputra. Dalam video tersebut para penyanyi dari TRCC mengenakan pakaian serba hijau. Mereka tidak hanya bernyayi, tapi juga menampilkan koreografi dinamis. Dalam video tersebut juga terdengar TRCC menyanyikan "Yamko Rambe Yamko" dengan gaya yang berbeda. Dani mengatakan kalau lagi tersebut diaransemen oleh Agustinus Bambang Jusana.

Kemudian, TRCC yang dipimpin oleh konduktor Devi Fransisca menyanyikan "Tancnota", lagu khas Hungaria karya Zoltán Kodály. Berbalut busana Papua, Dani mengatakan kalau lagu tersebut menggunakan iringan tifa, alat musik pukul dari Indonesia. TRCC juga tampil dengan gerakan yang memenuhi seluruh area panggung.

Saksikan aksi mereka di video berikut...

TRCC harus berkompetisi dengan finalis dari kategori lain di final. Kategori yang dihadapi adalah Adult's Choir dan Sacred Music. Sebelumnya, TRCC juga meraih juara pertama untuk kategori Children’s and Youth Choir, dengan nilai 94.5, dan memperoleh Gold Diploma Level II.

Baca Juga: Kamu Wajib Tahu 17 Anak Muda Paling Berpengaruh di Indonesia Ini!

TRCC bukan hanya berlomba, tapi juga melaksanakan konser.

Anak Indonesia Ini Menang Lomba di Italia, Kamu Akan Dibuat Merinding Dengan Nyanyian Mereka!kompas.com

TRCC merupakan kelompok yang bernaung di bawah Yayasan The Resonanz Music Studio. Lokasi Yayasan tersebut ada di Jalan Kertanegara, Jakarta. Keikutsertaan dalam kompetisi tersebut adalah bagian dari kegiatan tour concerts & competition bertajuk Musical Journey 2016. Dalam rangkaian kegiatan ini, TRCC berlomba dan menyelenggarakan konser di beberapa negara Eropa.

Kegiatan diawali dengan konser di Balai Resital Kertanegara, Jakarta, 2 dan 3 April silam, kemudian berlanjut ke tour concerts di Hannover dan Berlin, Jerman. Konser pertama di Hannover diselenggarakan pada 29 Juni, kemudian Berlin pada 2 Juli. Setelah itu, TRCC menuju Italia untuk mengikuti Claudio Monteverdi International Choral Festival dan Competition.

Ini bukan gelar pertama yang diraih TRCC.

Anak Indonesia Ini Menang Lomba di Italia, Kamu Akan Dibuat Merinding Dengan Nyanyian Mereka!voaindonesia.com

Pada ajang The Golden Gate International Choral Festival 2015 silam, TRCC juga mengikuti kopetisi di empat kategori, yakni daerah, historis, gospel dan kontemporer. Kompetisi tersebut diselenggarakan di daerah teluk San Fransisko, Kalifornia. Pada tahun itu, TRCC menggunakan formasi yang berbeda karena diisi oleh 48 anak berusia 9 tahun.

Di bawah konduktor Avip Priatna, TRCC berhasil meraih dua juara gelar juara pertama di kategori daerah dan historis. Kemudian, mereka juga juara kedua di kategori gospel dan menempati posisi tiga untuk kontemporer. Hasil tersebut menjadikan TRCC sebagai satu-satunya grup dari Asia yang mampu meraih juara satu di dua kategori berbeda.

Dalam ajang tersebut, TRCC menyanyikan lagu "Bungong Jeumpa" dan "Janger" asal Aceh serta Bali.

Selanjutkan sekolah TRCC akan menyelenggarakan kompetisi solo vokal tingkat nasional, Catharina W. Leimena Singing Competition. Kompetisi tersebut diperkirkan akan diselenggarakan pada 14-16 September 2016.

Baca Juga: Anak Kecil dengan Langkah Raksasa, Prestasi Joey Alexander yang Bikin Kamu Iri!

Topik:

Berita Terkini Lainnya