Presiden Jokowi Nekat ke Afganistan, Dua Helikopter Mengawal Rombongan

Sehari sebelum kedatangan Presiden, ledakan besar terjadi di Kabul

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo nekat mengunjungi Kabul, Afganistan, meski negara tersebut tak bisa dibilang aman.

Presiden bersama rombongan mendarat di Bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afganistan, Senin (29/1) siang pukul 11.40 Waktu Setempat.

Beberapa jam sebelumnya, kelompok bersenjata menyerang sebuah akademi militer yang berdiri di Kabul. Serangan ini menewaskan lima serdadu dan menyebabkan 10 orang terluka.

Otoritas keamanan setempat menyebutkan serangan pada Senin pagi tersebut adalah serangan ketiga yang melanda Kabul dalam beberapa hari terakhir.

Namun serangan tersebut ternyata tak menyurutkan niat Jokowi untuk menjejakkan kakinya di Kabul.

1. Presiden kedua RI yang berkunjung ke Afganistan

Presiden Jokowi Nekat ke Afganistan, Dua Helikopter Mengawal Rombongansetkab.go.id

Presiden Jokowi menjadi presiden kedua Indonesia yang mengunjungi Afganistan setelah sebelumnya Presiden Sukarno mengunjungi negara ini pada 1961. Sehingga kunjungan ini cukup bersejarah, tak hanya bagi Indonesia, tapi juga bagi Afganistan.

Baca juga: Ada Menteri Merangkap Jabatan, Fadli Zon: Jokowi Tidak Konsisten

2. Kedatangan Presiden Jokowi disambut hujan salju

Presiden Jokowi Nekat ke Afganistan, Dua Helikopter Mengawal RombonganTwitter/@pramonoanung

Kedatangan Presiden Jokowi beserta rombongan disambut hujan salju yang turun di Kabul. Namun dinginnya suhu tak mengurangi hangatnya sambutan tuan rumah.

"Dalam suasana keakraban Presiden Afganistan menyambut Presiden @jokowi dengan upacara kenegaraan penuh dan turunnya salju, menambah keakraban," tulis Sekretaris Kabinet Pramono Anung dalam akun twitternya.

3. Dikawal kendaraan lapis baja dan helikopter

Presiden Jokowi Nekat ke Afganistan, Dua Helikopter Mengawal RombonganTwitter/@pramonoanung

Dari Bandara Internasional Hamid Karzai, Presiden Jokowi berserta rombongan langsung meluncur menuju Istana Kepresiden Afganistan.

Sepanjang perjalanan mereka dikawal oleh kendaraan lapis baja. Dua helikopter juga terbang di atas rombongan untuk memastikan keamanan mereka.

Ketatnya pengawalan terhadap Presiden Jokowi ini lantaran maraknya serangan kelompok bersenjata ke kota Kabul dalam beberapa hari terakhir.

Sehari sebelum kedatangan Jokowi, misalnya, terjadi ledakan di pusat kota Kabul yang menewaskan 95 orang dan menyebabkan 158 orang terluka.

Seminggu sebelumnya militan Taliban melakukan serangan ke hotel mewah di Kabul, menewaskan 22 orang.
 

Baca juga: 5 Hal tentang Motor Royal Enfield Bullet 350 Chopper yang Dibeli Jokowi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya