Pesan Menteri Siti Nurbaya di HUT Masyarakat Adat

Kebhinekaan harus tetap dijata

Jakarta, IDN Times - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menghadiri acara Hari Ulang Tahun ke-19 Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) di Benteng Moraya, Minahasa, Manado, Sabtu, 17 Maret 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Siti menyampaikan pesan dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang batal hadir karena sedang berkunjung ke Australia. "Saya menyampaikan salam hangat dari Bapak Presiden," kata Menteri Siti saat memberikan sambutan. 

1. Jokowi meminta menjaga keberagaman

Pesan Menteri Siti Nurbaya di HUT Masyarakat Adat IDN Times/@kementerianlhk

Presiden Jokowi, kata Menteri Siti, berpesan agar kebhinekaan yang ada di Indonesia harus terus dijaga.
"Keberagaman suku bangsa dengan menjaga nilai-nilai luhur budaya dan adat istiadat adalah sebuah upaya menjaga peradaban manusia," kata Siti.

Baca juga: 10 Desa Adat Indonesia yang Mendunia, Kekayaan Budayanya Bikin Bangga

2. Melaporkan progres hutan adat

Pesan Menteri Siti Nurbaya di HUT Masyarakat Adat IDN Times/@kementerianlhk

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Siti juga memaparkan progres yang  berkaitan dengan hutan adat yang ditangani kementeriannya.

"Saat ini KLHK tengah memproses kurang lebih 6,25 juta hektar dan 13 usulan wilayah Hutan Adat yang baru masuk. Dengan rincian dari Kalimantan 3,6 juta Ha, Maluku Papua 1,15 juta Ha, Sulawesi hampir 1 juta Ha, Sumatera hampir 500 ribu Ha, dan Bali Nusa Tenggara hampir 120 ribu Ha," kata Menteri Siti.

3. Pemerintah terus mewujudkan kesejahteraan masyarakat adat

Pesan Menteri Siti Nurbaya di HUT Masyarakat Adat IDN Times/@kementerianlhk

Menteri Siti juga mengatakan pemerintah masih terus berupaya meningkatkan kesejahteraan sekaligus menjamin kedaulatan politik masyarakat adat.

"Kita bersama-sama bekerja keras agar cita-cita untuk mewujudkan kehidupan masyarakat adat yang adil dan sejahtera, berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan bermartabat secara budaya yang merupakan aset nasional dapat terwujud," kata Menteri Siti.

Baca juga: Tewaskan Dua Orang, Harimau Bonita Lenyap Setelah Ditembak Bius

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya