Menyoroti Dana Kampanye, Siapa Pasangan Calon dengan Modal Terkecil?

Ada yang dana awal kampanyenya hanya Rp0, loh!

Jakarta, IDN Times - Menjadi kepala daerah memang gak gampang. Selain butuh popularitas yang tinggi, juga dibutuhkan modal lumayan besar. Besarnya modal para calon ini bisa dilihat dari dana awal kampanye yang mereka setorkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pada Senin (12/3), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) merilis data dana awal kampanye yang telah disetorkan setiap pasangan calon. Dari data tersebut diketahui jika ada pasangan yang dana awal kampanyenya mencapai Rp15 miliar.

Uniknya, ada juga beberapa pasangan calon yang dana awal kampanyenya hanya Rp1 juta. Bahkan, ada pasangan yang dana kampanyenya hanya Rp0.

1. Pasangan cabug-cawagub dengan dana awal kampanye terbesar

Menyoroti Dana Kampanye, Siapa Pasangan Calon dengan Modal Terkecil?

Bawaslu mencatat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dengan dana awal kampanye terbesar adalah Lukas Emenembe dan Klemen Tinal. Dana awal kampanye pasangan yang maju dalam Pilgub Papua ini mencapai Rp15 miliar.

Inget, ini hanya dana awal kampanye, loh. Artinya masih bisa bertambah.

Baca juga: Bawaslu: Banyak Dana Kampanye Tidak Realistis

2. Pasangan dengan dana awal kampanye terendah

Menyoroti Dana Kampanye, Siapa Pasangan Calon dengan Modal Terkecil?

Sementara, pasangan dengan dana awal kampanye terendah dalam pemilihan gubernur adalah mereka yang melaporkan dana awal kampanyenya sebesar Rp0.

Mereka antara lain Abdhul Ghani Kasuba-Yasin Ali (Maluku Utara), Muhammad Ridho-Bachtiar Basri (Lampung), Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Jawa Barat), dan Hasanuddin-Anto Charliyan (Jawa Barat). Secara total ada 13 pasangan yang dana awal kampanyenya sebesar Rp0.

3. Pasangan dengan modal kampanye terbesar di pemilihan bupati-wakil bupati

Menyoroti Dana Kampanye, Siapa Pasangan Calon dengan Modal Terkecil?IDN Times/Sukma Shakti

Untuk pemilihan di tingkat kabupaten/kota, pasangan dengan biaya awal kampanye tertinggi adalah Luthfi-Qomar yang akan maju dalam Pilkada Cirebon Kota. Keduanya memiliki dana awal kampanye sebesar Rp2,6 miliar.

Pasangan dengan modal awal kampanye kedua adalah Padil Karsoma-Acep Maman yang akan maju di Pilkada Purwakarta. Keduanya memiliki modal awal kampanye sebesar Rp2,5 miliar.

4. Pasangan Pilkada kabupaten/kota dengan modal terkecil

Menyoroti Dana Kampanye, Siapa Pasangan Calon dengan Modal Terkecil?IDN Times/Sukma Shakti

Sedangkan, pasangan dengan modal terkecil yang akan maju dalam Pilkada kabupaten/kota adalah Sunjaya-Imron yang akan maju dalam Pilkada Kabupaten Cirebon.

Pasangan ini hanya 'menyetorkan' Rp1 juta dalam laporan awal dana kampanye mereka. 

Baca juga: Bawaslu Beberkan Dana Kampanye, Ada yang Gak Masuk Akal, lho!

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya